Jambi, (Antaranews Jambi) - Peserta yang telah lulus seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Batanghari kini sedang mengikuti tahap pemberkasan.

“Tahap pemberkasan dimulai dari hari ini sampai dengan hari Jum’at (11/1), dihari ini tahap pemberkasan diikuti oleh 26 orang dari tenaga tekhnis,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDMD) Batanghari, M Ripa’I Kadir di Muarabulian Senin.

Terdapat 243 orang yang mengikuti tahap pemberkasan tersebut, terdiri dari 26 orang tenaga tekhnis, 20 orang tenaga kesehatan, 190 orang tenaga guru dan 7 orang guru kategori dua. Peserta yang telah lulus seleksi tersebut harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan dalam penerimaan CPNS.

Selain itu, peserta yang mengikuti tahap pemberkasan tersebut tidak boleh terlibat dalam kepengurusan partai politik, terlebih menjadi calon legislatif.

Sementara itu, dari hasil seleksi CPNS yang dilakukan tahun 2018 yang lalu, peserta yang lulus CPNS didaerah itu tidak memenuhi kuota penerimaan. Dari pemerintah pusat yang ditetapkan kuota penerimaan CPNS di daerah itu sebanyak 255, terdiri dari 10 orang tenaga guru kategori dua, 190 orang guru sekolah dasar, 27 orang tenaga kesehatan dan 28 orang tenaga tekhnis lainnya.

“Tidak terpenuhinya kuota penerimaan CPNS di Batanghari disebabkan oleh beberapa hal, pertama ada formasi yang tidak terdapat pendaftar dan ada yang tidak memenuhi nilai ambang batas,” kata M Ripa’I Kadir.

Adapun formasi yang tidak terdapat pendaftar pada seleksi CPNS didaerah itu yakni dokter spesialis dan disabilitas. Sementara peserta yang tidak memenuhi nilai ambang batas salah satunya formasi guru kategori dua.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019