Jambi, (Antaranews Jambi) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Batanghari mencatat ada ribuan warga Batanghari yang pindah domisili terhitung 2018.

"Pindah domisili yang terjadi di Batanghari meliputi antar desa, kecamatan, kabupaten maupun antar provinsi," kata Kasi Administrator Data Base Dinas Dukcapil Batanghari Bujang di Muarabulian, Selasa. 

Berdasarkan hasil rekapitulasi surat pindah semua klasifikasi pada Dinas Dukcapil, terhitung sejak Januari hingga Desember 2018, jumlah perpindahan penduduk di daerah itu mencapai 4.739 jiwa. Sementara jumlah kedatangan sesuai rekapitulasi surat kedatangan semua klasipikasi tahun 2018 sebanyak 4.812 jiwa.

Terdapat beberapa alasan terjadinya perpindahan dan kedatangan penduduk baik antar desa, kelurahan, kecamatan maupun kabupaten/kota didaerah itu. Namun sebagian besar warga yang pindah domisili tersebut beralasan mengikuti keluarga dan alasan pekerjaan. 

“Yang pindah domisili tersebut memang didominasi oleh warga yang ikut keluarga dan pindah karena pekerjaan," kata Bujang menambahkan.
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019