Jambi, (Antaranews Jambi) - Program kerja sama bidang pendidikan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Batanghari bersama 'Tanoto Foundation' percepat visi misi pendidikan di daerah itu.

“Program 'tanoto fondation' ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Batanghari,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Batanghari, Agung Wihadi di Muarabulian, Senin.

Kerjasama yang dilakukan oleh pemerintah daerah itu bersama Tanoto Foundation melalui program Pengembangan Inovasi Kualitas Pembelajaran (Pintar). Melalaui program Pintar dengan sasaran tenaga pendidik tingkat Sekolah Dasar(SD)  dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di daerah itu yang diberikan pelatihan dan pendampingan mengenai konsep belajar aktif yang sederhana dan mudah dipahami oleh siswa.

Pelatihan yang diikuti oleh tenaga pendidik yakni pelatihan pembelajaran aktif. Melalui pelatihan tersebut tenaga pendidik diajarkan konsep Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi (Mikir) dan melalui konsep tersebut tenaga pendidik diharapkan dapat melakukan pembelajaran aktif di sekolah-sekolah.

Koordinator Program Pintar Tanoto Foundation Provinsi Jambi, Medi Yusva mengatakan, pembelajaran aktif tersebut telah lama ada dan dikenal oleh tenaga pendidik, namun pelatihan yang dilakukan yakni bagaimana cara mengemas pembelajaran aktif tersebut dengan sederhana dan dapat diterapkan disekolah-sekolah dengan baik dan benar.

“Harapannya tenaga pendidik dan sekolah-sekolah yang telah bekerjasama dapat memanfaatkan dukungan yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah atas program itu,” kata Medi Yusva.

Pelatihan parktik baik pembelajaran guru SD dan MI tersebut dilakukan di Aula STIE GK Muarabulian yang diikuti 90 orang tenaga pendidik dari SD dan MI yang mengikuti pelatihan yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut.

“Dengan adanya pelatihan ini harapannya tenaga pendidik dapat melakukan perubahan di sekolahnya dan mendesiminasikan ke sekolah-sekolah lainnya,” kata Agung Wihadi.


 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019