Jambi (Antaranews Jambi) - Komandan Korem (Danrem) 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy mengatakan akan memperkuat patroli udara mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Provinsi Jambi.

"Kita perkuat pemantauan udara dengan drone sehingga memudahkan patroli," katanya usai silatuhrahmi dan coffe morning bersama insan pers Jambi di Makorem 042/Gapu, Selasa.

Danrem mengatakan penanganan karhutla menjadi prioritas, sehingga pencegahan perlu ditingkatkan lagi salah satunya dengan patroli udara.

"Babinsa selama ini tetap patroli, tapi akan saya perkuat dengan patroli udara, jadi lebih cepat dan datanya update terus," ujarnya.

Korem 042/Gapu katanya akan berkoordinasi dengan pemda tentang upaya mengantisipasi karhutla dengan mengajukan alat-alat pemantauan udara. Sebab menurutnya jika mengunakan helikopter biaya mungkin terlalu mahal.

Dirinya berharap tahun 2019 tidak ada lagi karhutla di Jambi. Menurutnya tahun-tahun sebelumnya adanya siklus karhutla karena dipengaruhi fenomena elnino yang betul-betul membuat kering.

"Jadi antisipiasi karhutla prioritas utama Korem 042/Gapu, itu tugas negara. Kita juga punya Satuan tugas (Satgas) untuk pencegahan dan penanganan karhutla," katanya menambahkan.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019