Jambi (Antaranews Jambi) - Gubernur Jambi Fachrori Umar mengukuhkan pengurus relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Provinsi Jambi peride 2018-2022di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Senin.

"Kepada yang telah dilantik, saya mengucapkan selamat dan mudah-mudahan amanah yang diberikan ini dapat dilaksanakan dengan baik," kata Fachrori Umar.

Selain itu Fachrori berharap relawan TIK dapat memberikan manfaat serta berkontribusi dalam berbagai kegiatan pembangunan, kemasyarakatan serta berperan dalam tugas kemanusian dengan mengoptimalkan pemanfaatan TIK bagi kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa baik secara nasional maupun Provinsi Jambi khususnya.

Menurutnya, relawan TIK merupakan sekelompok orang yang mengerti dalam disiplin ilmu komunikasi maupun sistim informasi. Tugas dan tanggunggjawab adalah ikut serta bersama dengan masyarakat akan dampak kemajuan dari globalisasi dan perubahan teknologi yang sangat cepat.

Sebab itu, lanjutnya, kemampuan untuk menguasai bidang merupakan persyaratan mutlak dalam era pembangun saat ini.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu kekuatan negara-negara maju adalah teknologi informatika sebagai alat publikasi dan informasi untuk mendorong percepatan pembangunan," ujarnya.

Sebab itu, dalam upaya mendorong Provinsi Jambi menuju "Jambi Smart Province Era Revolusi Industri 4.0" kita harus memacu kebijakan pembangunan dalam upaya memperkuat kemampuan sumber daya manusia yang berdaya saing terutama dalam pemanfaatan teknologi dan informatika.

Melalui pengukuhan itu, Fachrori mengharapkan relawan TIK akan menjadi mitra Pemerintah Provinsi Jambi yang dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan teknologi dan informasi yang produktif, kreatif dan partisipatif.

"Tularkan kemampuan teknologi informatika bagi masyarakat yang tentunya adalah para generasi muda. Tugas Relawan ini saya yakin dan percaya walaupun berat tapi merupakan tugas mulia dalam membentuk karakter bangsa ini," katanya lagi.

Selain itu, Fachrori berharap para pimpinan perguruan tinggi, dapat melibatkan relawan TIK ini sebagai mitra kerja membangun intelektualitas generasi muda yang telah dipersiapkan.

Sebab pengaruh globalisasi dan kemajuan teknologi informasi saat ini katanya mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan jiwa dan karakter generasi penerus bangsa.

"Tentunya dengan dukungan Pemprov Jambi, semua yang kita harapkan akan tercapai dan kita dapat bersaing secara kompetitif dengan provinsi lain dari kualitas sumber daya manusia produktif dalam memacu pembangunan daerah kita yang tercinta ini," katanya.

Fachrori juga berpesan kepada relawan TIK untuk terus berkiprah dan berfikir lebih arif dan bijaksana dan relawan TIK harus siap mendukung terwujudnya Jambi provinsi cerdas atau "Jambi Smart Province" dalam pembangunan, khususnya dalam mewujudkan Jambi TUNTAS 2021.***
 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019