Jambi (Antaranews Jambi)  - Kodim 0419/Tanjab menerjunkan personil untuk melakukan patroli di kawasan hutan dan lahan sebagai langkah mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Seluruh anggota jajaran Kodim 0419/Tanjab yang berada di wilayah teritorial kita, yakni Kabupaten Tanjungjabung Barat dan Tanjungjabung Timur kita perintahkan untuk melakukan patroli karhutla," kata Komandan Kodim 0419/Tanjab, Letkol Inf M. Arry Yudistira, Selasa.

Patroli karhutla itu katanya juga untuk menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan pertanian atau perkebunan dengan cara membakar.

Dandim menjelaskan, ‎di Kabupaten Tanjungjabung Barat dan Tanjungjabung Timur terdapat kawasan lahan gambut, meski saat ini musim hujan, namun kawasan gambut rawan akan kebakaran lahan apalagi saat cuaca panas.

"Kalau terjadi karhutla‎, pastinya selain membahayakan kesehatan juga mengganggu aktivitas transportasi seperti lalu lintas udara," ujarnya.

Dandim mengatakan anggota jajaran Kodim 0419/Tanjab dalam melakukan patroli membaur bersama masyarakat. Seperti pada, Senin (25/2) kemarin Babinsa Koramil 01/Muara Sabak, Sertu Ajran melaksanakan patroli karhutla bersama masyarakat di Desa Lambur 1 Kecamatan Muarasabak Timur dan Babinsa Koramil 0419-04/Nipah Panjang, Serda Mujani juga melaksanakan patroli karhutla bersama masyarakat di Desa Labuhan Pering, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjungjabung Timur.

Demikian pula di wilayah Kabupaten Tanjungjabung Barat, seperti yang dilakukan oBabinsa Koramil 02/Tungkal Ulu, Sertu Ujang Saputra yang melaksanakan patroli karhutla bersama masyarakat di Desa Delima, Kecamatan Tebing Tinggi dan Babinsa Koramil 03/Tungkal Ilir, Sertu P. Simatupang melaksanakan patroli karhutla bersama masyarakat di Desa Muara Baru, Kecamatan Seberang Kota.

"Anggota kita mencari titik api dan melaksanakan pemadaman serta menyosialisasikan larangan membakar lahan dan hutan kepada masyarakat. ‎Patroli dilaksanakan untuk tindakan pencegahan dan semua itu dilakukan dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun berjalan kaki," kata Dandim menambahkan.***
 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019