Masyarakat Kabupaten Batanghari diminta turut serta dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah itu.

“Semua lapisan masyarakat berpotensi membantu sekolah untuk mendukung kemajuan sekolah, terutama mendukung proses pembelajaran dikelas,” kata Kepala Bidang Tenaga dan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batanghari Yaakin di Muarabulian, Kamis.

Namun hal tersebut dapat dilakukan tergantung dengan bagaimana cara sekolah mendorong peran serta masyarakat agar mau membantu. Salah satu upaya yang dapat dilakukan pihak sekolah melalui musyawarah mufakat.

Agar sekolah mampu mendorong masyarakat, Tanoto Foundation yang bekerja sama dengan dinas pendidikan daerah itu melakukan pelatihan penguatan peran strategis Peran Serta Masyarakat (PSM) dalam dunia pendidikan. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Kecamatan Muarabulian dan Kecamatan Pemayung.

Peserta yang dilibatkan dalam pelatihan tersebut terdiri dari unsur kepala sekolah, guru senior dan komite sekolah. Peserta tersebut berjumlah 104 orang yang berasal dari 26 sekolah di dua kecamatan itu.

Sementara itu, Kepala Kementrian Agama Muarabulian Herman mengatakan, bantuan dan dukungan masyarakat pada sekolah tidak harus berbentuk fisik ataupun materi. Banyak hal yang dapat diperbantukan seperti menyumbang pemikiran dan gagasan untuk kemajuan sekolah.

“Gagasan ide sangat penting untuk kemajuan sekolah,PSM akan terwujud bila sekolah melakukan pendekatan dan terbuka kepada masyarakat, baik yang terkait program maupun keuangan,” kata Herman.

Perwakilan Komite dari SMP Negeri 19 Batanghari Ikhsan mengatakan bahwa, peran serta masyarakat perlu didorong secara bersama-sama agar bisa bersinergi dengan sekolah. Musyawarah mufakat antara pihak sekolah, komite dan masyarakat harus disepakati terlebih dahulu agar semuanya menerima dengan lapang dada.

“Penting melakukan musyawarah mufakat antara pihak sekolah, komite dan masyarakat agar ada keterbukaan diantara semua pihak,” kata Ikhsan.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019