Untuk mendukung kualitas pengungkapan kasus pihak Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jambi menggelar pelatihan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) serta pengenalan kendaraan roda empat (4) dan peralatan pendukung Inafis jajaran Kepolisian daerah Jambi.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Jambi AKBP Edi Faryadi membuka langsung dan sekaligus memberikan sambutan pada pelatihan olah TKP tersebut di Mapolda Jambi, Senin.

Pelatihan identifikasi ini memiliki peran penting dalam sebuah pengungkapan kasus dimana pengungkapan sebuah kasus kriminal sudah barang tentu tidak lepas dari keberadaan TKP dan berbagai bukti yang ada terkait kejadian tersebut. Keberadaan saksi tentu saja akan sangat membantu, akan tetapi bisa saja sebuah peristiwa pidana terjadi tanpa ada saksi yang bisa dimintai keterangan.

Didampingi Kanit 3 Siident Ditreskrimum Polda Jambi AKP Firdon Marpaung, Direskrimum Edi Faryadi juga menyampaikan materi tentang olah TKP dan gelar riksa identifikasi didepan anggota Reskrim dan operator peralatan Identifikasi yang dipaparkan tentang peralatan identifikasi pada acara pelatihan itu dengan tutorial penggunaan peralatan identifikasi, seperti mambis dan portable system.

Edi Faryadi menekankan, pentingnya penanganan tempat kejadian peristiwa (TKP) yang profesional karena hal ini diawali dengan tindakan pengamanan TKP, agar kondisi TKP status quo yang mana artinya, tidak ada perubahan sebagaimana pertama kali TKP dilihat atau ditemukan sehingga TKP tidak terjadi kerusakan, tidak ada kehilangan alat bukti, perubahan letak, juga penambahan atau pengurangan item yang ada.

Bahwa tindakan yang dilakukan penyidik ditempat TKP, baik secara perorangan maupun dalam ikatan kelompok adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam proses penyidikan dan hal ini adalah langkah awal untuk dapat mengungkapkan tindakan pidana yang terjadi.

Tempat kejadian perkara merupakan salah satu sumber keterangan yang penting dan bukti-bukti yang harus diolah dalam usaha untuk bisa mengungkapkan tindak pidana. Sehingga kemampuan dan penguasaan teknik maupun taktik kriminalistik penanganaan tempat kejadian perkara sangat diperlukan bagi setiap penyidik guna memungkinkan berhasilnya penyidikan.***2***

 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019