Fasilitatir daerah program PINTAR Tanoto Foundation di Kabupaten Batanghari melakukan pendampingan ke sekolah dan madrasah mitra, Senin.

Pendampingan tersebut merupakan tindak lanjut pelatihan manajemen dan pembelajaran serta peningkatakan budaya baca di kabupaten itu. Pendekatan yang digunakan dalam pendampingan tersebut adalah "plan do see".  

Salah seorang fasilitator bidang manajemen Darmawijaya Nur mengatakan, pendampingan yang dilakukannya yakni mendampingi beberapa kepala sekolah dalam merencanakan kegiatan sekolah, seperti dukungan pembelajaran guru.

”Saya mendampingi SMPN 7 Batang Hari, antusiasme kepala sekolah dalam menjalankan program sangat bagus, karena pendekatan kita dalam mendampingi adalah sebagai mitra, bukan selaku supervisor,” kata Darmawijaya Nur.

Selain dibidang manajemen, beberapa fasilitator daerah yang lain turut lakukan pendampingan di bidang pembelajaran. Seperti yang dilakukan Metty Hartina yang lakukan pendampingan di SMPN 3 dan 21 Batang Hari.

”Siklus pertama sudah dalam proses Plan atau merencanakan dengan peserta, tinggal masuk dalam tahapan do atau pelaksanaan,” kata Metty Hertina. 

Ia mengaku senang dengan proses pendampingan tersebut, karena selain berbagi, dirinya juga belajar kembali. Pendampingan yang dilakukannya di kelas 8.4 SMPN 3 Batang Hari. Menurutnya peserta sangat antusias dalam mengikuti proses pendampingan tersebut.

Selain di sekolah tingkat menengah pertama, Tanoto Foundation juga lakukan pendampingan di Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di kabupaten itu. pendampingan tersebut juga dilakukan oleh fasilitatir daerah yang sebelumnya telah dilatih oleh Tanoto Fondation.

Diantaranya dilakukan oleh Hedly Nasir dan Nurkisma yang lakukan pendampingan di SDN 93/1 dan di MI At-Thohiriyah Muara Bulian. 


 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019