Sebanyak 62 orang anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) hasil pemilihan musyawarah keterwakilan dan elektronik voting di Kecamatan Batin XXIV Kabupaten Batanghari dilantik, Senin.  

Mereka yang  dilantik tersebut merupakan anggota BPD dari 12 desa di kecamatan itu. Diantaranya anggota BPD Desa Hajran, Matagual, Paku Aji, Bulian Baru, Jangga, Karmeo, Olak Besar, Koto Boyo, Jelutih, Jangga Baru, Aur Gading dan Desa Terentang Baru. 

Anggota BPD tersebut dilantik oleh Asisten I Setda Batanghari Verry Ardiansyah di halaman kantor camat Batin XXIV. 

Ia Berharap anggota BPD yang dilantik tersebut dapat bersinergi dengan pemerintah desa dalam membangun desa. Karena anggota BPD tersebut merupakan perwakilan masyarakat dalam pemerintahan desa. 

Selain itu anggota BPD tersebut diharapkan dapat bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya yang telah diamanatkan dalam perundang-undangan. 

"Kita juga berharap anggota BPD dapat mengawal dana desa untuk membangun desanya masing-masing," kata Verry Ardiansyah. 
Anggota BPD terpilih foto bersama Asisten I Setda Batanghari Verry Ardiansyah, Camat Batin XXIV Erwin dan PLT Kepala Dinas PMD Takdirman.

Camat Batin XXIV Erwin berharap anggota BPD tersebut dapat menjadi mitra Kepala Desa dan perangkatnya. Sehingga pembangunan-pembangunan didesa akan dapat dilaksanakan dengan baik. 

"Selain itu anggota BPD dituntut untuk aktif dalam pemerintahan desa dan saling bahu membahu membangun desa," kata Erwin.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Takdirman mengatakan ada 83 desa yang melaksanakan pemilihan anggota BPD di tahun 2019 ini. Baru Kecamatan Batin XXIV yang telah melaksanakan pelantikan anggota BPD terpilih. 

Selanjutnya akan dilakukan pelantikan anggota BPD terpilih di Kecamatan Mersam yang saat ini dalam proses pembuatan surat keputusan Bupati. 

"Dikecamatan batin masih ada anggota BPD yang belum dilantik, satu desa baru lakukan pemilihan dan dua desa lainnya belum lakukan pemilihan," kata Takdirman.

Dijelaskannya, pemilihan anggota BPD dan pelantikan anggota BPD tersebut dilakukan secara bertahap. Karena mengikuti berakhhirnya masa jabatan anggota BPD periode sebelumnya. 

Pada september 2019 diperkirakan pemilihan dan pelantikan anggota BPD di 83 desa tersebut akan siap dilaksanakan. 
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019