Surat suara pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dan pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batanghari. 

"Dengan datangnya surat suara pemilihan DPD RI dan DPR RI ini artinya seluruh surat suara untuk pemilihan umum di Kabupaten Batanghari telah tiba," kata Kepala Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Batanghari Mustra di Muarabulian. 

Bersamaan dengan kedatangan surat suara pemilihan DPD RI dan DPR RI tersebut, juga dikirim kekurangan surat suara pemilihan DPRD Kabupaten pada daerah pemilihan empat di daerah itu sebanyak 2.475 yang dikemas dalam 5 boks kardus. 

Surat suara DPR RI yang tiba di KPU daerah itu sebanyak 196.482 lembar yang dikemas di dalam 393 boks kardus. Sementara untuk surat suara DPD RI sebanyak 187.482 lembar yang dikemas dalam 378 boks kardus. Karena pada pengiriman tahap pertama telah dikirim surat suara pemilihan DPD RI sebanyak 9.000 lembar. 

"Surat suara ini juga akan langsung di lakukan penyortiran dan pelipatan," kata Mustra. 

Dengan melibatkan masyarakat, saat ini KPU daerah itu tengah melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Untuk surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden serta surat suara pemilihan DPR Provinsi telah selesai dilakukan penyortiran. 

Saat ini tengah dilakukan penyortirann dan pelipatan surat suara pemilihan DPRD Kabupaten. 

Setelah di sortir, terdapat 1.015 surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang rusak dan 1.389 surat suara yang kekurangan suara suara. 

Sehingga KPU daerah itu kekurangan surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden sebanyak 2.404 surat suara. Karena berdasarkan peraturan, surat suara harus berjumlah sebanyak jumlah Daftar Pemilih Tetap di tambah dua persen dari jumlah DPT tersebut.  

Jumlah surat suara yang dibutuhkan oleh KPU daerah itu sebanyak 196.482 dan jumlah surat suara dalam keadaan baik sebanyak 194.078 lembar. 

Sementara jumlah kerusakan untuk surat suara pemilihan DPRD Provinsi masih dalam tahap perekapan oleh petugas KPU daerah itu. 

"Jumlah seluruh kerusakan surat suara selambat-lambatnya akan kita sampaikan ke pihak penyedia pada tanggal 30 maret," kata Mustra menambahkan.  
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019