Satu hari jelang pemungutan suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batanghari selesaikan distribusi logistik kesemua Kecamatan yang ada di Kabupaten tersebut.

“Dari delapan kecamatan masih tersisa lima kecamatan yang belum didistribusikan logistik pemilunya dan hari ini distribusi seluruh logistik itu akan kita selesaikan,” kata Ketua KPU Batanghari A Kadir, di Muarabulian, Selasa.

Kelima kecamatan yang logistik pemilunya segera didistribusikan hari ini yakni Kecamatan Muarabulian, Muara Tembesi, Pemayung, Mersam dan Kecamatan Maro Sebo Ilir. Sementara distribusi logistik ke Kecamatan Bajubang, Batin XXIV dan Kecamatan Maro Sebo Ulu telah didistribusikan pada Senin (15/4).

Ada 2.895 kotak suara dan berbagai macam perlengkapan pemungutan suara lainnya yang didistribusikan ke 579 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 80 desa/kelurahan dalam lima kecamatan itu.

A Kadir meyakini bahwa seluruh logistik tersebut akan dapat didistribusikan ke seluruh TPS tepat pada waktunya. Karena distribusi logistik ke daerah-daerah yang di nilai rawan telah dilakukan.

“Distribusi logistik kemarin tidak ada kendala dan sampai saat ini belum ada laporan terkait kendala dalam pendistribusian logistik pemilu,” kata A Kadir.

Seluruh logistik yang didistribusikan ke tiga kecamatan pada hari Senin kemarin telah diterima oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) tiap-tiap desa di kecamatan itu dan sejumlah PPS telah mendistribusikan logistik pemilu itu ke TPS.

Total seluruh kotak suara yang didistribusikan ke 915 TPS didaerah itu berjumlah 4.575 kotak suara. Dan terdapat 196.481 Surat suara dan perlengkapan pemungutan suara lainnya seperti bilik suara, formulir dan plano yang juga didistribusikan.

“Perlengkapan-perlengkapan pemungutan suara tersebut dikemas dalam kotak suara, kecuali bilik pemungutan suara dan beberapa sampul yang tidak dikemas dalam kotak suara,” kata A Kadir.

Pada pemilihan umum tahun 2019 ini terdapat 192.629 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di daerah itu. Terdiri dari 98.051 pemilih laki-laki dan 94.578 pemilih wanita. Dan terdapat 1.376 daftar pemilih tambahan. Terdiri dari 632 pemilih yang ajukan pindah pilih masuk dan 744 pemilih ajukan pindah pilih keluar dari daerah itu. 



 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019