Warga Dayabaru Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar pawai obor untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk suka cita kami menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, sekaligus meningkatkan jalinan silaturahim," kata ketua Ikatan Muda Mudi Dayabaru, Friffy Roy di Muntok, Sabtu (4/5).

Pawai obor dilaksanakan pada Jumat (3/5) malam diikuti sekitar 1.000 warga setempat, para peserta membawa obor masing-masing keliling kampung.
Kegiatan pawai obor yang digelar untuk menyambut bulan suci Ramadhan di Kampung Dayabaru, Muntok. (babel.antaranews.com/ Donatus DP)
Kegiatan tahunan itu mendapatkan perhatian masyarakat Kabupaten Bangka Barat yang berjajar di pinggir jalan yang dilalui para peserta pawai.

Selain disuguhi pawai obor, masyarakat juga bisa menikmati berbagai hiasan lentera yang dipasang di depan rumah warga dan ruas jalan kampung tersebut.

Ribuan lentera sengaja dipasang sejak menjelang bulan puasa hingga perayaan Idul Fitri tersebut merupakan salah satu tradisi warga Kampung Dayabaru Muntok.

Selain menampilkan kreasi lentera berbahan botol kaca bekas, para pemuda di daerah itu juga membangun tempat bersantai yang berada di tengah kampung untuk dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul warga sambil menunggu berbuka puasa.

Kegiatan itu selain untuk meningkatkan jalinan silaturahim juga diharapkan semakin meriah dan bisa memberikan sumbangsih bagi daerah dalam membangun sektor pariwisata.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019