Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Jambi dalam waktu dekat segera melakukan pemeriksaan terhadap anggota Polsek yang lalai terhadap kaburnya tahanan dari dua Mapolsek, yakni Jelutung dan Jambi Selatan yang terjadi beberapa waktu lalu dan sampai saat ini masih dilakukan pengejaran terhadap tahanan itu.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS, di Jambi Kamis, mengatakan terkait tahanan yang kabur dari ruang sel penahanan di Polsek Jelutung dan Jambi Selatan sejumlah anggota diperiksa dan saya sudah minta Kabid Propam untuk melakukan tindakan jika memang ada bukti kesalahan dari anggota kepolisian.

Kapolda juga menegaskan sangsi tegas akan diberikan kepada para jajaran yang telah lalai tehadap tugas nya tersebut dimana sangsi tegas nanti akan ada setelah hasil dari Propam yang tangani kasus itu.

"Tidak hanya melakukan tindakan pendisiplinan kepada anggota yang lalai, tetapi upaya penangkapan kepada para pelaku tersebut saat ini tengah dilakukan dan tim sudah diturunkan untuk melakukan pengejaran kepada para tersangka pencurian yang kabur tersebut," kata Muchlis AS.

Dalam kasus pertama terjadi pada pada Kamis, 18 April 2019 sekitar pukul 10.45 WIB lalu pelaku pencurian dengan kekerasan bernama Mutaqin (24) warga Ulugedong, Rt 01, Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi dengan laporan SPKT Polsek Jambi Selatan dengan nomor LP/B-185/IV/2019/SPKT III Polsek Jambi Selatan tersebut diduga kabur saat dilakukan BAP oleh tim Polsek Jambi Selatan dengan kondisi tangan terborgol.

Mutaqin diamankan warga saat melakukan aksinya pencurian dan kekerasan kepada seorang ibu rumah tangga berinisial MW, yakni emas seberat 2 suku dengan total nilai Rp7 juta.

Kemudian kasus kedua pada Minggu, 4 Mei 2019 sekitar pukul 04.00 WIB dinihari empat tahanan di Polsek Jelutung Kota Jambi kabur dari ruang sel penahanan melalui pintu pagar utama.

Dua dari empat tahanan tersebut diduga, yakni RR tersangka penggelapan mobil dan AW tersangka pembobol kotak amal Masjid Darussalam dan Mushala Darussalam sedangkan dua lagi belum di ketahui inisialnya.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019