Gubernur Jambi Fachrori Umar berharap agar semakin banyak Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan untuk Provinsi Jambi dalam mendukung pembangunan di daerah itu.

Itu dikatakannya usai menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Kerja Pemerintah (RKP 2020) di Jakarta, Kamis (9/5).

Musrenbangnas tersebut dibuka langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, para menteri, pimpinan lembaga, para gubernur, bupati, walikota di Indonesia. Hadir juga seluruh Kepala Bappeda se-Provinsi Jambi.

Menurutnya, agar pembangunan di Provinsi Jambi maksimal, maka sinergitas/kesatupaduan program pembangunan pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah kabupaten/kota harus terus ditingkatkan. Sebab sinergitas program pembangunan tersebut akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembangunan.

Selain itu, lanjut Fachrori, dukungan dari pemerintah pusat melalui alokasi APBD di Provinsi Jambi sangat dibutuhkan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di Provinsi Jambi.

Fachrori berharap usulan-usulan perencanaan pembangunan dari Pemprov Jambi dalam berbagai sektor diantaranya pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pelayanan publik bisa disetujui pemerintah pusat.

Di samping itu, Fachrori meminta seluruh OPD untuk maksimal melaksanakan program kerja dan mengupayakan adanya inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat Provinsi Jambi, terutama yang bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jambi, Donni Iskandar mengatakan efektivitas dan efisiensi program pembangunan harus terus ditingkatkan agar tidak hanya sekedar rutinitas. Begitu juga dengan sinergitas kabupaten/kota dengan provinsi, harus terus ditingkatkan.

Doni menekankan bahwa program yang direncanakan dan diajukan harus benar-benar memikirkan output dan outcome-nya, tidak harus banyak-banyak namun harus fokus, konsisten dan berkelanjutan agar bisa menghasilkan manfaat maksimal bagi masyarakat Provinsi Jambi.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019