Tradisi coret-coretan di seragam sekolah yang dilakukan oleh para lulusan SMA dan sederajat dalam merayakan kelulusan mereka terus berlanjut di Kota Jambi.

Ribuan pelajar Kota Jambi dengan pakaian coret-coret tumpah ruah di kawasan Tugu Keris Siginjai.

"Hari kelulusan ini yang kami tunggu, dan kami ekpresikan, dan  seperti ini pula mungkin sensasi yang dialami senior-senior kami  dulu saat lulus SMA. Sensasinya luar biasa dan saya rasakan malam ini," kata Nova, salah seorang lulusan SMA yang ditemui di kawasan Tugu Keris Kota Jambi.

Pengumuman kelulusan di Kota Jambi dilakukan oleh sekolah masing-masing  pada Senin malam, dengan harapan untuk menghindari adanya kegiatan coret-coretan dan aksi yang tidak diinginkan. Namun kenyataanya mereka lebih enjoy merayakan kelulusan mereka pada malam hari.

Bahkan mereka bertahan di kawasan Tugu Keris Siginjai Kota Jambi yang menjadi titik kumpul mereka berlangsung hingga tengah malam.

Tak ada baju mereka yang bersih atau putih bersih, semua lulusan SMA tersebut berbaju corat coret dengan menggunakan cat yang disemprotkan.

Baca juga: Lulusan SMA/SMK Kota Jambi "kuasai" kawasan Tugu Keris
Baca juga: Rayakan kelulusan dengan berbagi takjil, siswa MAN 1 Tanjab Barat banjir pujian

Bahkan, beberapa pelajar mengaku sudah mempersiapkan baju  yang dicorat-coret sejak siang hari beberapa jam sebelum menerima penumuman kelulusan dari sekolah.

"Ya ... optimis lulus aja, sehingga kami menyiapkan baju ini sejak siang hari," kata salah seorang pelajar disertai gelak tawa teman-temannya.

Selain sebagai ajang ekspresi kebahagiaan, kegiatan malam itu juga menjadi ajang show sepeda motor mereka. Beberapa diantaranya menggunakan sepeda motor modifikasi yang berjejer. Rata-rata mereka datang berboncengan.

"Malam ini, suasana kelulusan SMA ini hanya satu kali bagi kami, dan jarang pula kelulusan dirayakan bersama satu kota pada malam hari, saya rasa tahun ini lebih istimewa," kata Sandy, lulusan SMA 04 Kota Jambi  yang juga hadir di sana.

Ribuan siswa-siswi sekolah menengah atas (SMA) sederajat di Jambi yang menerima pengumuman kelulusan merayakan kelulusan di Tugu Keris Siginjai yang merupakan ikon Kota Jambi, Senin malam.

Empat jalur utama menuju tugu keris sejak pukul Jalan Basuki Rahmat, Jalan H Agus Salim dan Jalan Zainir Haviz sejak pukul 19.00 WIB  dipadati siswa-siswi se-Kota Jambi.
Sekitar pukul 23.30 wib  perayaan kelulusan pelajar di daerah itu mulai mereda.

Mereka baru membubarkan diri pada tengah malam untuk kembali ke rumah masing-masing.




 

Pewarta: Syarif

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019