Ribuan siswa-siswi sekolah menengah atas (SMA) sederajat di Jambi yang menerima pengumuman kelulusan merayakan kelulusan di Tugu Keris Siginjai yang merupakan ikon Kota Jambi, Senin malam.

Berdasarkan pantauan, empat jalur utama menuju tugu keris sejak pukul 19.00 wib mulai dipadati siswa-siswi se-Kota Jambi. Secara berkelompok pelajar-pelajar tersebut merayakan kelulusan. Meski pengumuman kelulusan belum diumumkan, siswa-siswi itu telah merayakannya.

Berdasarkan hasil kesepakatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) di daerah itu, pengumuman kelulusan akan diumumkan pada pukul 20.00 wib. Sementara siswa-siswi di daerah itu merayakan kelulusannya dimulai dari pukul 19.00 wib.

Selain itu, aksi coret-coret baju menggunakan cat semprot seolah menjadi tradisi yang tidak bisa ditinggalkan saat pengumuman kelulusan sekolah.

“Sudah tradisi bang, lagian ini merupakan salah satu momen bersejarah bagi kita,” kata salah seorang pelajar di Jambi Reza.

Sementara itu menurut Ketua MKKS Kota Jambi Syihabuddin, pihak sekolah telah memberikan imbauan kepada siswa-siswinya untuk tidak melakukan konvoi dalam rangka merayakan kelulusan. Ditetapkannya pengumuman kelulusan pada malam hari tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya konvoi dan perayaan berlebihan dari pelajar. Selain itu, pengumuman kelulusan pun dilakukan secara on line melalui web sekolah.

Baca juga: Tradisi corat-coret seragam warisan senior yang terus berlanjut
Baca juga: Rayakan kelulusan dengan berbagi takjil, siswa MAN 1 Tanjab Barat banjir pujian

Namun hal tersebut tidak berpengaruh dan tidak diindahkan oleh pelajar, malah sebaliknya aksi konvoi dan  perayaan kelulusan semakin semarak.

“Kita sudah beri imbauan, namun sepertinya itu sudah menjadi tradisi mereka, kita hanya berharap agar tidak terjadi apa-apa terhadap mereka,” kata Ketua MKKS Kota Jambi Syihabuddin.

Dia menjelaskan, setelah menerima hasil kelulusan seharusnya siswa-siswi tersebut memikirkan langkah selanjutnya dalam menentukan masa depan. Seperti memilih perguruan tinggi atau universitas tempat melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sekitar pukul 23.30 wib  perayaan kelulusan pelajar di daerah itu mulai mereda. Secara perlahan siswa-siswi itu meninggalkan icon Kota Jambi tersebut.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019