Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana menyebut rembug regional Komisi Informasi harus munculkan isu-isu menarik yang tengah berkembang di daerah masing-masing.

"Seperti tema rembu rgegional Komisi Informasi (KI)  III se-Sumatra ini, yang diangkat isu sumber daya alam, kalau di pulau Jawa dan di pulau-pulau lainnya tentu tema yang di angkat akan berbeda," kata Ketua KI Pusat Gede Narayanan di Jambi, Rabu.

Dijelaskannya, Sumber Daya Alam (SDA) di  Sumatra masih sangat beragam dan kekayaannya masih terjaga. Sehingga banyak tersimpan informasi publik di dalamnya.

Dengan diangkatnya tema tersebut diharapkan informasi publik yang tersimpan didalamnya dapat di sampaikan seluas-luasnya kepada mayarakat. Dengan harapan kelestarian sumber daya alamnya dapat terjaga.

Terkait apakah isu itu,  akan disampaikan dalam rapat koordinasi nasional, Gede Narayana mengaku tidak mengetahuinya. Namun hal  sah-sah saja, karena dalam rapat koordinasi nasional setiap provinsi memiliki hak menyampaikan aspirasinya.

"Namun untuk efektifitas dan efisiensi waktu, biasanya isu hasil pembahasan rembuk regional ini disampaikan oleh perwakilannya pada rapat koordinasi nasional," kata Gede Narayana.

Dengan dilaksanakannya rembuk regional Komisi Informasi III se-Sumatra itu, diharapkan pelaksanaan undang-undang keterbukaan publik di Sumatra lebih membumi dan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat pada umumnya. Karena masih banyak perbaikan dalam pelaksanaan UU keterbukaan informasi publik.

Sementara itu, terkait semakin bebasnya dan terbukanya informasi publik yang beredar di media-media sosial, Gede Narayana mengatakan bahwa itu bukan ranah mereka. Hal tersebut merupakan ranahnya Kementrian Informasi dan Komunikasi.

"Kalau informasi yang beredar di media sosial itu ranahnya kominfo, kalau kita masalah informasi publik, informasi yang ada di badan-badan publik, berbeda dengan informasi di publik," kata Gede Narayana menjelaskan
.
Rembug  Regional KI  III se-Sumatra tersebut dilaksanakan di Hotel Abadi Suite Jambi. Dihadiri 10 perwakilan KI setiap provinsi di pulau Sumatra yeng mengikuti rembuk tersebut yakni KI Provinsi Jambi selaku tuan rumah,  Riau, Sumatra Selatan, Sumatra Barat, Sumatra Timur, Lampung, Aceh, Kepri, Sumatera Utara, Bangka Belitung  danBengkulu.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019