Pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang pada triwulan I-2019 juga menurun sebesar minus 31,56 persen dari triwulan IV tahun 2018.

"Angka pertumbuhan produksi industri manufaktur untuk triwulan I-2019 ini disajikan untuk keseluruhan skala industri, antara lain Industri Besar dan Sedang (IBS) yaitu industri dengan tenaga kerja lebih dari 20 orang dan Industri Mikro dan Kecil (IMK) yaitu industri dengan tenaga kerja 1-19 orang," kata Kepala BPS Jambi, Dadang Hardiawan, di Jambi Kamis.

Angka pertumbuhan Industri Besar dan Sedang disajikan untuk pertumbuhan antar triwulan dan antar tahun untuk tiga jenis industri antara lain industri makanan, industri Bahan Kimia dan Barang dari Bahan Kimia dan industri karet, barang dari karet dan plastik.

Untuk pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang pada triwulan I-2019 mengalami penurunan sebesar minus 24,56 persen dibandingkan triwulan I-2018, sedangkan untuk pertumbuhan nasional naik sebesar 4,45 persen.

Penurunan produksi didominasi oleh pertumbuhan negatif industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia yang menurun sebesar minus 33,24 persen. Pertumbuhan nasional yang mengalami peningkatan terbesar yaitu industri kimia dan barang dari bahan kimia sebesar 7,77 persen.

Industri kimia dan barang dari bahan kimia di Provinsi Jambi mengalami penurunan yang cukup besar dibandingkan triwulan I-2018, yaitu sebesar minus 46,74 persen. Industri lain penyumbang indeks pertumbuhan industri besar sedang yang juga mengalami pertumbuhan negatif adalah Industri karet dan bahan dari plastic sebesar minus 26,18 persen.

Sedangkan untuk industri makanan mengalami pertumbuhan positif sebesar 20,18 persen. Untuk pertumbuhan nasional, industri karet dan bahan dari karet juga mengalami pertumbuhan negatif yaitu sebesar minus 9,88 persen. Untuk industri makanan juga searah dengan pertumbuhan industri makanan Provinsi Jambi yaitu sebesar 1,36 persen., kata Dadang Hardiawan.***1***

 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019