Wakil Wali Kota Jambi Maulana mengemukakan pejabat fungsional penyuluh kesehatan Dinas Kesehatan Kota Jambi dituntut memiliki ide, gagasan dan inovasi di bidang kesehatan guna menjaga masyarakat tetap sehat.

“Kepada penyuluh kesehatan, buatlah program-program inovatif untuk membantu bidang penyuluhan kesehatan masyarakat sehingga derajat kesehatan masyarakat dapat meningkat,” kata Wakil Wali Kota di Jambi, Jumat.

Selain itu, kata dia, dengan adanya tenaga penyuluh kesehatan diharapkan upaya proses penyuluhan kesehatan di bidang promotif dan prefentif dapat meningkat dan berjalan dengan baik di seluruh puskesmas di kota itu.

Tugas promotif dan prefentif penyuluh kesehatan itu lebih ditekankan kepada 80 persen lebih masyarakat dalam keadaan sehat supaya tidak sakit. Banyak cara dan upaya yang dapat dilakukan oleh penyuluh kesehatan, di antaranya melakukan upaya perbaikan di bidang perilaku hidup bersih dan sehat.

“Saya menunggu ide, gagasan dan inovasi dalam bidang kesehatan dari tenaga penyuluh kesehatan, saya akan langsung turun ke puskesmas-puskesmas untuk memantau perkembangannya,” kata Maulana.

Selain itu juga, katanya, dapat diupayakan dengan menyosialisasikan kepada masyarakat untuk rutin melakukan cek dan kontrol kesehatan serta mengimbau masyarakat untuk menjalankan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Maulana juga menghimbau masyarakat untuk rutin megonsumsi buah dan sayur dan menghindari rokok dan asap rokok.

“Semua cara dan pola hidup sehat tersebut merupakan tugas tenaga penyuluh kesehatan, harapanya semua itu dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat,” kata dia saat pengambilan sumpah tenaga penyuluh kesehatan.

Terdapat 31 orang pejabat fungsional penyuluh kesehatan yang diambil sumpahnya oleh Wakil Wali Kota untuk menjalankan tugas penyuluhan di lingkungan puskesmas yang tersebar di sebelas kecamatan di kota itu.

Tenaga penyuluh kesehatan tersebut merupakan tenaga kesehatan yang ditugaskan secara penuh untuk melaksanakan kegiatan teknis fungsional. Salah satu tugas teknis fungsional adalah penyuluh kesehatan masyarakat.

Tugas pokoknya yakni melaksanakan advokasi, pembinaan suasana, dan gerakan pemberdayaan masyarakat. Juga turut melakukan penyebarluasan informasi, membuat rancangan media, melakukan pengkajian/penelitian perilaku masyarakat yang berhubungan dengan kesehatan serta merencanakan intervensis dalam rangka pengembangan perilaku masyarakat yang mendukung kesehatan.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019