Jamaah Calon Haji (JCH) di Provinsi Jambi mengikuti  serangkaian kegiatan manasik haji dalam persiapan  melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Mekah.

“Saat ini calon haji  di Provinsi Jambi tengah mengikuti serangkaian manasik haji yang di selenggarakan di setiap kabupaten dan kota,” kata Kasubag Humas Kanwil Kemenag Provinsi Jambi Thoif di Jambi.

Sebanyak 3.253 orang calon haji daerah itu yang akan berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci mendapatkan bimbingan pelaksanan ibadah haji di kabupaten dan kota masing-masing. Sistim bimbingan pelaksanaan ibadah haji atau manasik haji yang dilaksanakan di setiap kabupaten dan kota berbeda-beda. 

Di Kabupaten Batanghari contohnya, terdapat beberapa rangkaian pelaksanaan bimbingan ibadah haji. Sebelum mengikuti manasik haji yang dilaksananakan di tingkat kecamatan, pemerintah daerah dan kantor kementrian agama. JCH mengikuti serangkaian bimbingan ibadah haji dari kelompok bimbingan ibadah. Pelaksanaan bimbingan ibadah haji tersebut telah dilakukan sejak bulan Maret 2019. 

“Tujuannya agar calon haji kita itu benar-benar dapat memahami serangakaian ibadah yang akan dilaksanakan, sehingga nantinya JCH dapat melaksanakan ibadah haji dengan lebih khusu,” kata Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Batanghari Herman. 

Sementara itu, saat ini calon haji daerah itu tengah mengikuti manasik haji yang diselenggrakan oleh pemerintah kecamatan. Manasik haji dari pemerintah kecamatan tersebut hanya diikuti oleh calon haji  di kecamatannya masing-masing. Sementara, kantor kemenag daerah itu akan melaksanakan manasik haji pada awal Juli 2019, yang selanjutnya akan dilanjutkan dengan pelaksanaan manasik haji dari pemerintah kabupaten.

“Kita berharap semua calon haji dalam keadaan sehat dari berangkat hingga pulang ke tanah air dan menjadi haji yang mabrur,” kata Herman.

Sementara itu JCH Provinsi itu mulai masuk asrama haji dari tanggal 24 hingga 31 Juli 2019. Dalam satu kelompok penginapan terdapat 442 sampai 443 calon haji serta tiga orang TPHD dan 5 orang petugas kloter yang diberangkatkan. 

“Karena ini merupakan agenda tahunan, asrama telah kita persiapkan, dan dalam satu kamar itu terdapat tiga, lima sampai enam orang calon haji,” kata Thoif Kasubag Humas Kanwil Kemenag Provinsi Jambi. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019