Ratusan dosen Universitas Jambi (Unja) dari semua program studi dan fakultas yang ada di perguruan tinggi itu mengikuti kegiatan Pelatihan Pembelajaran berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Kegiatan pelatihan itu diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek  Dikti) di Kampus Unja di Km15 Mendalo Indah Kabupaten Muaro Jambi, Kamis (4/7).

Rektor Unja Prof H Johni Najwan SH MH Ph.D membuka langsung kegiatan yang diselenggarakan satu hari tersebut diikuti sedikitnya 200 tenaga pendidik di kampus itu.

Menurut Rektor, kegiatan itu digelar dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran yang sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti).

Hal itu sesuai sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Ristek Dikti Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Melalui pelatihan tersebut, merupakan ikhtiar Direktorat Pembelajaran, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti meningkatkan pemahaman dosen terkait dengan kerangka kualifikasi nasional Indonesia.

Rektor Unja memberikan motivasi kepada para dosen  untuk terus menempa dan meningkatkan SDM agar dapat melahirkan pembelajaran dan lulusan yang sejajar dengan universitas di luar.

Sementara itu, mengutip dari web ristektikdi.go.id, KKNI dapat diartikan sebagai pernyataan kualitas sumberdaya manusia Indonesia yang penjenjangan kualifikasinya dinyatakan dalam learning outcome (capaian pembelajaran).

Setiap pendidikan tinggi harus memiliki kurikulum yang menjamin lulusannya memiliki kualifikasi yang setara dengan kualifikasi yang disepakati dalam KKNI. Oleh karena itu, setiap Perguruan Tinggi memiliki kewajiban untuk memfasilitasi program studinya untuk melakukan restrukturisasi kurikulum.

Dalam kegiatan pelatihan yang dipandu oleh narasumber teknis Lutfy Djajanto M.Pd itu setiap peserta diwajibkan membawa dokumen rencana pembelajaran semester yang sudah berjalan serta capaian pembelajaran lulusan.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019