Tiga perusahaan BUMN yakni PT Semen Baturaja, PTPN VI dan Jiwasraya akan menggelar kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dalam rangka kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) tahun 2019

Vice President Corporate Secretary PT Semen Baturaja (SMBR) Basthony Santri, di Jambi, Selasa, mengatakan kegiatan itu akan digelar pada pertengahan Agustus 2019 dengan lokasi kegiatan di Provinsi Jambi.

"SMN merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh perusahaan BUMN dalam kaitan BUMN Hadir untuk Negeri. Dan tahun ini kami menjadi PIC untuk kegiatan di wilayah Provinsi Jambi," kata Basthony.

Kegiatan ini akan dilakukan dalam bentuk pertukaran pelajar atau kunjungan siswa perwakilan dari satu provinsi ke provinsi lainnya dengan tujuan untuk membuka wawasan dan mengenal daerah lain di Indonesia.

Kegiatan ini akan melibatkan sebanyak 23 siswa, termasuk tiga diantaranya penyandang disabilitas. Mereka akan didampingi oleh dua orang guru teladan dari setiap provinsi. Seleksi dilakukan melalui Dinas Pendidikan Nasional provinsi masing-masing.

"Tahun ini peserta SMN asal Provinsi Jambi yang terlebih dahulu akan diberi pembekalan akan diberangkatkan ke Nusa Tenggara Timur (NTT) dan kami PIC BUMN di Jambi akan menerima siswa NTT," katanya.

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan. Untuk program pembekalan akan setiap peserta akan mendapat pelatihan seni budaya, pelatihan jurnalistik dan pembuatan video vlog, serta beberapa materi lainnya termasuk pengenalan terkait BUMN.

Sedangkan di Jambi, PT Semen Baturaja, PTPN VI dan Jiwasraya akan menjadi tuan rumah penerima SMN asal NTT. Peserta akan melakukan kegiatan antara lain dua hari di markas TNI untuk mendapatkan materi kebangsaan, pengenalan satuan TNI dan lainnya. Kemudian bedah buku, diskusi psikologi remaja.

Kegiatan luar lainnya adalah mengunjungi obyek wisata, kampung kreatif, mengunjungi rumah kreatif, kunjungan ke Kerinci, kunjungan ke sekolah dan perguruan tinggi di Jambi serta beberapa kegiatan lainnya.

Selain itu, para peserta SMN juga akan mengikuti kegiatan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2019 yang akan digelar BUMN di Provinsi Jambi.
 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019