Polda Jambi menerima laporan Sobirin asal Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo,  yang mengaku menjadi korban penipuan Ketua kelompok Serikat Mandiri Batanghari, Muslim, yang dibekuk tim gabungan TNI-Polri pasca-penyerangan, perusakan, pencurian, dan penganiayaan terhadap tim Sagtas Karhutla di Distrik VIII Kabupaten Tanjungjabung Barat pada 13 Juli lalu.

Sobirin mendatangi Polda Jambi bersama anggota tim terpadu (timdu) konflik lahan, Sigit Eko Yuwono, Rabu mengatakan, usai membuat laporan di Mapolda Jambi, korban kepada wartawan mengatakan dirinya sudah menyetorkan uang tunai sebesar Rp10 juta kepada pimpinan KKB SMB Muslim untuk mendapatkan lahan seluas 3,5 hektare.

Namun setelah uang disetorkan kepada Muslim tidak menepati janjinya. Korban Sobirin yang mengaku bukan bagian dari kelompok SMB itu mengatakan, setelah menyetorkan uang, dia memang ada diberikan lahan namun hanya seluas 1,5 hektare dan itupun ditumbuhi oleh tanaman akasia.



"Saya diperintahkan Muslim untuk menebangi semua pohon akasia itu dan kalau ada yang tersisa maka ia akan marah," ungkap Sobirin, yang didampingi Kabid Penanganan Konflik Kesbangpol Provinsi Jambi, Sigit Eko Yuwono.

Ditambahkan Sobirin, Muslim meminta agar setiap hari dikirimkan dua orang untuk jaga malam di base camp SMB.

Lebih lanjut Sobirin mengatakan, pasca-penindakan terhadap kelompok SMB oleh kepolisian dan TNI, masih banyak warga yang bertahan di dalam kawasan hutan dan menurutnya mereka tidak keluar karena takut ditangkap. Padahal mereka bukan anggota SMB sehingga masih banyak anak-anak di dalam sana yang terlantar.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Jambi, Kombes Pol M Edi Faryadi, mengatakan memang benar ada korban dari kelompok SMB yang sedang membuat laporan ke SPKT Polda Jambi atas kasus dugaan penipuan yang dilakukan kelompok SMB.

Ia menyatakan untuk kasusnya masih ditangani SPKT Polda Jambi dan nanti akan diserahkan atau cukup bukti naik ke penyidik Ditreskrimum untuk menjadi bahan dan saksi serta barang bukti atas kasus dugaan penipuan yang diakukan kelompok SMB. 



 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019