Bupati Muaro Jambi Hj Masnah Busyro menyerahkan kartu Jamkesda Muaro Jambi tahun 2019 kepada warga Desa Mekar Jaya Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muarojambi Provinsi Jambi,  Selasa. 

Penyerahan dilakukan oleh bupati bersama dengan Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jambi Elshe Theresia di sela-sela peluncuran program Jamkesda Muaro Jambi tahun 2019 yang secara simbolis diterima oleh tiga orang ibu rumah tangga dari desa setempat, peserta jaminan kesehatan itu.

Mereka mendapat kartu Kartu Indonesia Sehat sebagai tanda kepesertaan mereka dalam program jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Dalam sambutannya, Bupati Masnah berharap masyarakat memanfaatkan kartu tersebut sesuai dengan peruntukannya sehingga bisa meningkatkan kesehatan masyarakat, salah satunya memanfaatkannya untuk berobat baik di fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun tingkat kedua sesuai dengan rujukan.

Pada kesempatan itu, bupati berharap kemudahan bagi warga daerah itu dalam pengurusan Jamkesda.

"Kepada institusi terkait, dalam pengurusan Jamkesda harus dipermudah dan  diprioritaskan, apalagi bila datanya sudah lengkap," kata bupati.

Sementara itu Kepala  BPJS Kesehatan Cabang Jambi Elshe Theresia menyatakan pada     Januari 2019 Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi telah menganggarkan pembiayaan Jaminan Kesehatan bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Muaro Jambi yang kemudian di integrasikan ke dalam kepesertaan program JKN-KIS sejumlah 19.000 jiwa. 

"Hari ini  launching Jaminan Kesehatan Daerah Kabupaten Muaro Jambi," katanya.

Dengan diintegrasikannya Jaminan Kesehatan Daerah Kabupaten Muaro Jambi maka total kepesertaan program JKN KIS di wilayah Kabupaten Muaro Jambi sampai dengan saat ini adalah 304.643 Jiwa atau sebesar 83,73 persen dari total penduduk wilayah Kabupaten Muaro Jambi telah menjadi peserta JKN-KIS.

Ia mengapresiasi khusus  kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi atas sinergi dan kerjasama yang baik yang telah terjalin selama ini.  Ia berharap dapat menginspirasi dan memotivasi kabupaten-kabupaten lainnya untuk terus mendukung penyelenggaraan program JKN KIS melalui integrasi  jaminan kesehatan daerahnya kepada BPJS Kesehatan.

Keberhasilan dari Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan tidak hanya dengan tercapainya UHC atau cakupan semesta namun juga terkait keberlangsungan program, dimana hal ini harus didukung dengan keberlangsungan finansial melalui pembayaran iuran yang tepat waktu dan tepat jumlah, dengan biaya pelayanan yang efisien. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi juga  menitipkan harapan dan dukungan dalam mensukseskan Program JKN-KIS yang diamanahkan oleh Undang-Undang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan agar tercapai Cakupan Semesta (Universal Health Coverage) untuk Kabupaten Muaro Jambi.




 

Pewarta: Syarif

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019