DPRD Provinsi Jambi, Jumat, menggelar sidang paripurna dengan agenda mendengarkan pidato Presiden RI Joko Widodo (jokowi) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia.

Sidang paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston didampingi Wakil Ketua Zainul Arfan dan Ar Syahbandar serta dihadiri Gubernur Jambi Fachrori Umar dan Forkompimda Jambi.

Pertama pukul 09.30 WIB Ketua DPRD Provinsi Jambi membuka sidang paripurna dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan yang disampaikan Presiden RI, Joko Widodo.

Kemudian pukul 13.30 Ketua DPRD Provinsi Jambi kembali membuka sidang paripurna dengan agenda mendengar pidato Presiden mendengarkan pidato Presiden dalam rangka penyampaian pengantar keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN tahun anggaran 2019 beserta nota keuangannya.

Pantauan Antara, ruang sidang paripurna DPRD Provinsi Jambi terlihat padat saat menyaksikan pidato Presiden melalui siaran langsung televisi.

Di seputaran gedung DPRD juga terlihat puluhan papan bunga ucapan HUT RI mulai dari Gubernur Jambi, OPD Pemprov Jambi serta Forkompimda Jambi.

Sementara dalam pidato kenegaraan yang disampaikan Presiden RI, Joko widodo, salah satu poin yang disebutkan yakni rumah besar Indonesia adalah tempat yang nyaman untuk semua. Ruang hidup bagi seluruh anak bangsa, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Dalam rumah besar ini, semua anak bangsa bisa berkarya, bisa bergerak, dan bisa berjuang untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita kita bersama.

Perbedaan juga bukanlah penghalang bagi kita untuk bersatu. Dalam persatuan itulah, kita menemukan energi yang mahadahsyat, untuk menggerakkan seluruh tenaga, pikiran, dan tetesan keringat untuk kemajuan Indonesia.

Dalam persatuan itulah, kita menemukan solidaritas, kepedulian, dan semangat berbagi antarsesama anak bangsa. Saya yakin, seyakin-yakinnya, persatuan Indonesia akan selalu sentosa. Seperti kiambang-kiambang yang bertaut kembali, setelah biduk pembelah berlalu.

Saya yakin, seyakin-yakinnya, dengan berpegang teguh pada semangat persatuan Indonesia, maka rumah besar kita tidak akan runtuh, tidak akan ambruk dan tidak akan punah, tetapi justru berdiri tegak. Bukan hanya untuk 100 tahun, 500 tahun, tapi untuk selama-lamanya. Dirgahayu Republik Indonesia! Dirgahayu Negeri Pancasila! SDM Unggul Indonesia Maju! Merdeka!.

Sedangkan dalam pidato presiden dalam rangka penyampaian pengantar/keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN tahun anggaran 2020 beserta nota keuangan dan dokumen pendukungnya, presiden menjelaskan poin-poin inti dan penekanan Rancangan Undang-Undang tentang APBN 2020, diantaranya prioritas utama program pembangunan tahun 2020 adalah pengembangan kualitas sumber daya manusiaa, terutama melalui pendidikan. Sejalan dengan prioritas tersebut, anggaran sektor pendidikan meningkat signifikan.

Presiden juga mengatakan bahwa pemerintah bekerjasama dengan semua pihak terkait berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menjaga inflasi supaya terkendali, mengurangi rasio gini, mengurangi kesenjangan pembangunan antar daerah, melanjutkan pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan konektivitas dan hilirisasi industri dan lainnya.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019