Sekitar 70 ibu rumah tangga di Desa Jebak Kecamatan Muaratembesi, Kamis (15/8) meramaikan giat pembersihan   lokasi pembangunan jalan pemukiman di desa setempat.

Jalan rigid beton yang dibiayai melalui Dana Desa (DD)  Tahun 2019 dibangun dengan Skema Padat Karya Tunai (PKT), dimana 30 persen realisasi anggaran terserap untuk upah pekerja.

Sejak pukul 07.00 WIB pekerja yang didominasi ibu rumah tangga, tampak sibuk membersihkan rumput di lokasi pembangunan jalan. Sebagian mereka menggunakan parang, adapula yang menggunakan cangkul.

“Alhamdulillah ada 70 ibu-ibu yang Kita libatkan untuk pekerjaan awal pembersihan lokasi. Mereka Kita bayar upahnya sesuai dengan pola Padat Karya Tunai,” ujar Kades Jebak Syafni.

Sekdes Jebak M Nuh mengungkapkan, warga yang ikut serta dalam sistem Padat Karya Tunai (PKT) memiliki kritetia khusus, sebagaimana petunjuk teknis pelaksanaan PKT.

“Yang jelas PKT ini  warga miskin,  pengangguran, setengah menganggur, atau warga yang punya balita stunting,” ungkap M Nuh.

“Total volume jalan yang akan dibangun sepanjang 107 meter dengan konstruksi rigid beton,” M Nuh menambahkan.

Padat Karya Tunai sendiri  merupakan  kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Pewarta: Septa Randika

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019