Wakil Wali Kota Jambi H Maulana mengimbau kepada petugas syara untuk memimpin shalat "istisqo" dan doa minta hujan di daerahnya masing-masing.

"Kepada imam masjid, da'i, dan pegawai syara lainnya, saya harapkan dapat memimpin pelaksanaan shalat istisqo di tempatnya masing-masing dengan ditutup doa minta hujan," katanya di Jambi, Rabu.

Imbauan tersebut disampaikan Maulana mengingat hujan yang tidak kunjung turun, dan kabut asap mulai menyelimuti kota itu.

Bahkan dalam pengukuran alat pengukur Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) kualitas udara di Kota Jambi berfluktuasi, yakni dari tidak sehat hingga berbahaya.

Sementara itu, pada Selasa (10/9) Wakil Wali Kota Jambi menyerahkan insentif kepada sebanyak 1.351 orang petugas syara.

Petugas syara  yang menerima insentif dari Pemerintah Kota Jambi itu rinciannya terdiri atas 74 orang imam, 74 orang muazin, 248 orang pemandi jenazah, 900 orang guru Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) dan 55 orang da'i

Meski nilainya tidak seberapa, namun Maulana berharap insentif yang diberikan dapat bermanfaat bagi pegawai syara di kota itu.

Menurut dia pegawai syara merupakan salah satu aktor yang dapat membentuk mental dan akhlak masyarakat.

" Pembangunan mental tidak kalah pentingnya dibandingkan pembangunan fisik, karena membangun akhlak dampaknya akan lebih besar untuk menentukan negeri ini pada masa yang akan datang," demikian Maulana.

Pewarta: Muhammad Hanapi/Fina Indiyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019