Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi, Hj Rahima Fachrori mengajak semua pemangku kepentingan untuk mengembangkan kerajinan Provinsi Jambi, guna meningkatkan kualitas dan daya saing kerajinan di provinsi itu agar penjualan kerajinan tersebut bertambah.

"Sehingga pendapatan pengrajin bertambah, yang selanjutnya bisa berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian daerah," kata Rahima usai mengikuti pembukaan Kriyanusa Pameran Kerajinan Nusantara 2019 di Balai Kartini, Jakarta, Rabu.

Rahima mengatakan, pengembangan kerajinan sangat penting sebagai upaya untuk mengangkat perekonomian daerah, yakni melalui ekonomi kreatif. Sebab itu dibutuhkan kreativitas dan kejelian untuk menumbuhkembangkan kerajinan supaya diminati di pasaran.

Untuk itu Rahima mengajak semua pemangku kepentingan, baik pemerintahan maupun swasta/dunia usaha untuk bekerjasama dan bersinergi mengembangkan kerajinan Jambi.

Dalam Kriyanusa tersebut, Dekranasda Provinsi Jambi dan Dekranasda kabupaten/kota se-Provinsi Jambi bersama-sama menggelar stan, untuk lebih mengenalkan lagi kriya Provinsi Jambi dan kabupaten/kota se-Provinsi Jambi kepada masyarakat di luar Provinsi Jambi.

Rahima berharap keikutsertaan Dekranasda Provinsi Jambi dan Dekranasda kabupaten/kota se-Provinsi Jambi dalam Kriyanusa tahun 2019 turut mempromosikan kerajinan Provinsi Jambi dengan lebih baik lagi.

Rahima mengatakan, berbagai tantangan dan kendala yang dihadapi dalam pengembangan kualitas produk dan dalam pemasaran harus didiskusikan bersama, guna mencari jalan keluar, agar kualitas produk-produk kerajinan Provinsi Jambi meningkat dan bisa memiliki pangsa pasar yang lebih luas dan upaya pembenahan harus dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan.

Pada kesempatan tersebut, Rahima meninjau stand Dekranasda Provinsi Jambi dan Dekranasda kabupaten/kota se-Provinsi Jambi. Di stand pameran Dekranasda Provinsi Jambi tersebut, ditampilkan Batik Jambi, songket Jambi, tikar anyaman, keranjang dari anyaman dan rotan, tas dan berbagai perhiasan.

Kriyanusa 2019 itu dibuka langsung Ibu Negara Republik Indonesia, Hj Iriana Joko Widodo. Ibu negara juga me-launching buku yang berjudul Cerita Serat Menjadi Tenun, yang ditandatangani oleh Ibu Negara dan Ketua Umum Dekranas.

Sehari sebelumnya, Selasa (10/9), Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj Rahima mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas di Aula Kantor Kementerian Pertahanan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, yang dipimpin oleh Ketua Umum Dekranas, Hj Mufidah Jusuf Kalla. Dalam rakernas tersebut dibahas berbagai program kerja Dekranas dan tanya jawab dengan para pengurus Dekranasda.

Ketua Harian Dekranasda Provinsi Jambi, Staf ahli Gubernur, Sri Agunaini dan Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Ariansyah mendampingi Rahima dalam Rekernas Dekranas tersebut.***

 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019