Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto memimpin langsung pembacaan Deklarasi Kebangsaan dan Kedamaian jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, di lapangan depan kantor Gubernur Jambi, Sabtu.

Deklarasi Kebangsaan dan Doa Bersama itu juga dihadiri Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS, Danrem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy, Sekda Provinsi Jambi M Dianto, PJU Polda Jambi, Kasrem 042/Gapu Letkol Arh Hary Sassono Utomo, tokoh agama, tokoh masyarakat dan berbagai ormas serta pelajar.

Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto dalam pembacaan Deklarasi Kebangsaan itu mengatakan Indonesia dengan segala keunikan, keindahan dan keberagamannya adalah sebuah anugerah terbesar dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, namun bukanlah hal yang mudah untuk menjaganya, toleransi, kebersamaan, persatuan dan kesatuan sebuah negara yang terdiri dari belasan ribu pulau, ribuan suku, ratusan bahasa dan berbagai keyakinan serta agama.

"Tidak sedikit pengorbanan, harta benda, jiwa raga, darah dan air mata dari para pendahulu bangsa dalam mempertahankan keberadaan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini," kata Edi Purwanto.

"Mari kita jaga bersama 4 pilar kebangsaan kita yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan merawat 4 pilar tersebut berarti kita sudah menjaga kesatuan bangsa tercinta untuk kita wariskan kepada anak cucu kita," katanya lagi. 

Mari terus pupuk semangat kebangsaan kita, bekerja sama dengan hal-hal yang telah disepakati dan saling menghormati terhadap yang memang berbeda diantara kita," tegasnya.

"Kami masyarakat Provinsi Jambi mendukung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang sejuk, aman dan damai di Bumi Sepucuk Jambi sembilan Lurah," ujarnya.

Kapolda Jambi, Irjen Pol. Muchlis AS mengatakan, meski berasal dari berbagai latar belakang, namun masyarakat harus bersatu dalam Kebhinnekaan menjaga keharmonisan satu sama lainnya, menjaga kesejukan dan kedamaian. 

"Mari sama-sama kita mendukung pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden agar berjalan sejuk, aman dan damai," ujar Muchlis.

Sekda Provinsi Jambi, M Dianto mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada di Provinsi Jambi untuk bersama-sama menjaga kebhinnekaan, kekompakan, kedamaian, dan kesejukan dalam berbangsa dan bernegara khususnya di Provinsi Jambi. "Itu sudah terlaksana sejak nenek moyang kita, perlu kita jaga bersama," kata Sekda dalam

Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Elphis Rudy, mengatakan bahwa TNI dan Polri di Provinsi Jambi akan selalu bersinergi bahu membahu dengan pemerintah daerah serta seluruh lapisan masyarakat untuk memastikan kelancaran, keamanan, kedamaian, kenyamanan dan kesuksesan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Danrem juga meminta seluruh komponen bangsa di Provinsi Jambi turut serta dalam menjamin keberhasilan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Tidak hanya itu, ia juga mengajak keluarga dan masyarakat luas untuk bersama-sama berdoa, agar upacara pelantikan berjalan dengan khidmat dan membawa keberkahan bagi bangsa dan negara.

"Sampaikan pula untuk senantiasa tidak terpengaruh dengan ajakan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yang hanya bermaksud memprovokasi dan membuat rusuh. Kerusuhan dan kerusakan hanya akan membawa kerugian bagi kita sendiri," kata Kolonel Elphis. 

Dalam deklarasi kebangsaan dan bersama itu juga diisi tausiyah kebangsaan dan doa untuk negeri. Selain itu, juga ada penyampaian pesan kebangsaan dari Legium Veteran Jambi.

Kegiatan juga dimeriahkan penampilan bermacam-macam kesenian tradisional di Jambi dan Rolling Thunder Komunitas Otomotif se-Provinsi Jambi. Panitia juga menyediakan 40 gerobak sarapan gratis bagi peserta yang hadir.***


 

Pewarta: Dodi

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019