Jangung Pulut yang rendah gula dipamerkan pada Pekan Daerah Petani Nelayan 2019 tingkat Provinsi Jambi di Asrama Haji Provinsi Jambi, Selasa.

Jenis jagung ya g memiliki khasiat bagi kesehatan itu dipamerkan pelaku usaha "Tanah Merah" di stand Kota Jambi.

Jagung pulut merupakan salah satu jenis jagung yang memiliki karakter spesial yaitu pulut/ketan. Berbeda dari jagung lainnya karena memiliki tiga warna dalam satu tongkol yaitu putih,  ungu dan kuning.

Roki, seorang petugas stand pemerintah Kota Jambi menjelaskan tentang manfaat jagung pulut itu.

"Jagung ini merupakan jagung yang bisa di konsumen sama orang-orang yang mempunyai sakit diabates karena dia rendah gula. Dan warna unggu yang ada  pada jagung ini anti oksidan untuk mencegah kanker, makanya jagung ini mulai dikembangkan karena ini bermanfaat untuk kesehatan," kata Roki.

Karena memiliki khasiat dan kelebihannya,  jagung pulut memiliki harga jual lebih mahal dibandingkan dengan harga jagung manis lainnya.  Dikarenakan manfaatnya untuk kesehatan.

"Dari jagung-jagung lain ini hargnya lebih tinggi dari jagung manis karena dia jagung kesehatan, harga pertongkolnya itu sekitar Rp3.000," katanya.

Di Kota Jambi jagung ini sudah mulai ditanam di daerah Olak Kemang Kecataman Danau Teluk Kota Jambi dan daerah Legok Kecamatan Telanaipura Kota Jambi.

Untuk tahap awal pemasaran jagung ini belum ada di toko atau pasaran.

"Dan untuk ke depannya petani membuat prospeknya dan segmennya ke super market , kalo untuk sekarang karena masih tahap perkenalan ya kita sedikit demi sedikit ada acara seperti ini kami kenalin," katanya.

Tapi ke depannya petani sudah mendapat pasar sendiri seperti ke Lampung dan Palembang dan tidak di jual dipasaran.

Karena manfaatnya untuk jagung kesehatan ini dari segi harganya beda jadi tempat penjualannya juga berbeda dengan jagung manis pada umumnya, tutupnya

Pewarta: Fina dan Erwin Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019