Seiring dengan beroperasinya  bus kapsul Koja Trans, bus pertama di Indonesia  yang berbasis aplikasi digital dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern ini ternyata cukup membuat penasaran masyarakat Kota Jambi.

Ternyata masih banyak warga yang belum mengetahui dan bertanya-tanya bagaimana mendapatkan layanan bus tersebut.

Sebenarnya cara mendapatkan pelayanan bus tersebut cukuplah mudah, adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan sebagai berikut.

Pertama, unduh aplikasi Bus Kapsul dengan logo bus berwarna biru pada layanan playstore di android atau smartphone. Kemudian jika telah berhasil terunduh buka aplikasi tersebut dilanjutkan dengan mengklik "Daftar".

Pada tahap selanjutnya, pengguna akan diminta untuk mengisi beberapa data, diantaranya mencantukan alamat email, nama lengkap, password untuk masuk ke akun capsule bus, dan nomor  handphone yang aktif karena akan ada kode verifikasi yang dikirim melalui SMS pada nomor handphone tersebut. untuk mengisi nomor handphone hanya perlu dari angka 8 saja tidak menggunakan angka 0. contoh 823-7629-xxxx.

Selanjutnya beri pilih pada tulisan "saya setuju syarat penggunaan dan kebijakan privasi bus kapsul.

Lalu masukkan kode verifikasi yang terdiri dari empat digit angka yang telah dikirim melalui SMS oleh pihak operator bus kapsul.

Akun layanan capsule bus telah berhasil diaktifkan, langkah selanjutnya pengguna hanya perlu pergi ke bank BCA, Alfamart atau Indomaret untuk membeli kartu atau uang elektroniknya. seharga Rp50.000 dengan isi saldo Rp25.000.

Kemudian tinggal masuk ke akun dengan cara masukkan nomor handphone, jangan lupa hanya dari angka 8 saja, lalu masukkan password yang telah anda buat sebelumnya. setiap kali masuk ke akun jangan lupa untuk mengaktifkan lokasi atau GPS pada smartphone.

Setelah masuk ke akun, pengguna akan diberikan beberapa pilihan layanan, yaitu layanan capsule bus, capsule ambulan atau capsule care. Jika pengguna ingin menggunakan untuk layanan transportasi silahkan mengklik gambar bus dengan tulisan "capsule bus".

Selanjutnya silahkan pilih rute yang diinginkan, kemudian klik kata "pesan sekarang" pengguna dapat melihat lokasi bus pada peta.

Pengemudi akan segera menjemput pengguna berdasarkan lokasi, ketika bus datang cukup tempelkan kartu capsule bus pada pintu bus, saldo  akan ditarik sesuai tarif, pintu akan terbuka secara otomatis dan pengguna telah dapat menikmati perjalanan menggunakan bus.

Pengguna cukup menekan tombol "berhenti" jika telah sampai pada tujuan, terakhir jangan lupa memberikan penilaian terhadap layanan bus tersebut pada akun Capsule Bus pengguna.

Pada beberapa hari kedepan masyarakat dapat menggunakan layanan secara gratis dan bisa masuk tanpa kartu capsule bus sebagai upaya promosi dan memberi penjelasan kepada masyarakat terkait Capsule Bus Koja Trans, pengguna dapat menanyakan apa saja kepada kapten tersebut.

Selain itu, selama satu bulan setelah diresmikan masyarakat dapat menggunakan layanan bus yang sedang hits-hitsnya di Kota Jambi ini hanya dengan tarif Rp1 saja.

 

Pewarta: Misnawati

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019