Personel Satgas Pengamanan perbatasan negara (Pamtas) Yonif Raider 142/KJ bersama Polsek Lamaknen melaksanakan pemeriksaan di jalan Kampung Maliger, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam rangka mewujudkan keamanan wilayah.

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, melalui rilis yang diterima di Jambi, Rabu, mengatakan kegiatan itu merupakan bentuk sinergi antara TNI dengan Polri dalam rangka mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban sehingga akan tercipta kenyamanan bagi warga masyarakat sekitar, khususnya warga desa binaan Pos Kewar Satgas Pamtas.

Kegiatan itu dipimpin oleh Danpos Kewar Sertu Riaddus bersama enam orang anggotanya, sesuai dengan SOP dalam melaksanakan suatu kegiatan di daerah penugasan, dua orang personel disiagakan untuk melaksanakan pengamanan di sekitar lokasi kegiatan, dalam rangka menghindari sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Letkol Ikhsanudin mengatakan sebagaimana ketahui daerah perbatasan sering dimanfaatkan oleh pelaku-pelaku penyelundupan dalam mencari keuntungan pribadi, dengan mengelabui petugas mereka sering memanfaatkan jalur-jalur perjalanan tidak resmi yang ada di desa-desa untuk menghindari pemeriksaan kelengkapan dokumen pelintas batas negara.

Adapun barang-barang yang diselundupkan, katanya, berupa bahan bakar minyak (BBM), narkoba, minuman beralkohol atau minuman keras, sembako, hewan ternak hingga kendaraan.

Letkol Inf Ikhsanudin yang juga Danyon Yonir Raider 142/KJ menjelaskan seperti yang dilakukan Pos Kewar, mereka berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan pemeriksaan bersama pihak kepolisian dengan meminta persetujuan Kepala Suku Desa Kewar sebelumnya. Kegiatan pemeriksaan itusendiri dilakukan bersama Kapolsek Lamaknen Ipda Taufan, Kanit Provost, Kanit Sabhara, Babinkamtibmas serta personel Polsek Lamaknen lainnya.

Secara terpisah Luis (48), salah satu warga Dusun Maligel menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel TNI-POLRI, dan berharap agar kegiatan pemeriksaan sering dilakukan untuk menciptakan suasana aman dan tertib di perbatasan Republik Indonesia Republik Demokratik Timor Leste(RI-RDTL).

"Saya mengucapkan terima kasih atas diadakannya kegiatan seperti ini, tidak hanya memberi rasa aman tetapi bapak TNI yang berada di perbatasan juga selalu membantu kesulitan warga masyarakat," katanya.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019