Rektor Universitas Jambi (Unja) Prof H Johni Najwan SH MH Ph.D menyebutkan sarjana lulusan perguruan tinggi itu untuk menjadi subjek pembangunan dan bagian dari solusi yang dibutuhkan bangsa ini.

"Para sarjana harus menjadi subjek pembangunan, berperan aktif sehingga benar-benar menjadi solusi yang dibutuhkan oleh bangsa dan negara," kata Prof H Johni Najwan di Jambi, Kamis.

Menurut dia, generasi muda saat ini tidak bisa berpangku tangan dan bersikap menunggu, melainkan harus proaktif dan memiliki respon yang baik menyikapi perkembangan dan tantangan zaman. Persaingan tak sebatas kompetisi biasa, namun lebih dari itu ditentukan oleh kapasitas dan kompetensi yang dimiliki.

Oleh karena itu, ia meminta kepada para lulusan untuk terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi, serta senantisa menimba ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang sehingga berdaya saing baik di tingkat regional, nasional bahkan global.

Unversitas Jambi menggelar wisuda ke-89 tahun 2019, Rabu (6/11), dengan meluluskan sebanyak 1.246 mahasiswa dari jenjang pendidikan S3, S2, S1, profesi dan diploma.

Kegiatan wisuda angkatan di perguruan tinggi tersebut, digelar dalam sidang senat terbuka yang dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Jambi dan para anggota senat perguruan tinggi, anggota DPR, DPD, pejabat daerah serta undangan lainnya.

Rektor meminta agar pada lulusan menjaga nama baik dan terus menjalin hubungan baik dengan Unja. serta ilmu pengetahuan yang telah didapatkan dimanfaatkan untuk hal-hal yang baik dan bermanfaat untuk diri sendiri dan masyarakat.

"Kepada para wisudawan, sebagai alumni Unja yang baru, saya mengharapkan saudara agar menjaga nama baik almamater dan tetap berhubungan dengan almamater ini dan ikut berperan serta dalam program-program yang telah ada," jelasnya.

Selain itu, rektor meminta agar para lulusan yang telah diwisuda harus siap menghadapi segala tantangan dan persaingan pada era sekarang ini.

Menurut dia seiring perkembangan zaman dan teknologi industri 4.0 persaingan didunia kerja saat ini semakin sulit, oleh sebab itu mahasiswa wisudawan diharapkan agar dapat berusaha lebih keras dalam menunjang karir sehingga nanti dapat membanggakan dan membawa nama baik Unja serta untuk kebaikan diri sendiri.

Peserta wisuda ke-89 Universitas Jambi sebanyak 1.246 lulusan itu, diantaranya terdiri dari program doktor (S3) 9 orang, magister (S2) 126 orang, profesi ners 5 orang, profesi dokter 36 orang, sarjana (S1) 941 orang dan program diploma IV 6 orang serta diploma III 123 orang.
 

Pewarta: Syarif Abdullah dan Erwin Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019