Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi Irjen Pol Muchlis AS meresmikan pemakaian tiga unit kapal patroli baru milik Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Jambi yang akan digunakan untuk meningkatkan kinerja pengawasan di wilayah perairan Provinsi Jambi.

"Maksimalkan penggunaan kapal patroli yang sudah diberikan oleh Korpolairud Baharkam Polri ini untuk kepentingan menjalani tugas dan membantu masyarakat," kata Irjen Pol Muchlis AS dalam sabutannya saat meresmikan tiga kapal baru milik Ditpolair Polda Jambi di Mako Polair Angso Duo Jambi.

Kapolda berharap kapal baru tersebut selain untuk kepentingan tugas kesatuan juga nantinya dapat memberikan layanan kepada masyarakat Jambi. Terkhusus kepada masyarakat yang berada di jalur perairan Jambi Sungai Batanghari dan yang lainnya.

Untuk saat ini Ditpolair Polda Jambi sudah memiliki 18 unit kapal patroli yang ditempatkan pada beberapa wilayah perairan di Provinsi Jambi untuk kepentingan tugas dari Kepolisian Perairan dalam mengawasi wilayahnya, selain itu sedikit banyak juga dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Walau kapal ini belum mampu melayani sepenuhnya masyarakat, tetapi setidaknya memberikan pelayanan lebih," kata Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS.

Tiga kapal patroli yang diberikan Korpolairud Baharkam Polri ke Ditpolairud Polda Jambi akan di gunakan untuk peningkatan keamanan dan membantu masyarakat.

Tiga kapal tersebut yakni Kapal Pemburu XXVI - 2012 dengan kapasitas tangki 3.000 liter dan kecepatan 42 knot. Kemudian, Kapal R.I.B Intercept and Equipment kapasitas 1.800 kilogram dan berat 2.200 kilogram dengan kecepatan 20 knot dan Ship Tender dengan kecepatan 42 knot.

Sementara itu Dirpolairud Polda Jambi, Kombes Pol Arif Budiman Winova mengatakan tiga kapal tersebut digunakan untuk Preentiv, Preventif, Refresif, sarana SAR dan fasilitas umum membantu masyarakat.

"Ini menambah semangat kita untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat," katanya.

Ketiga kapal patroli tersebut juga akan ditempatkan di wilayah perairan Jambi. Saat ini Polairud Polda Jambi memiliki 18 unit kapal yang dioperasikan. Namun pihaknya juga masih kekurangan personel, sekitar 20 personel untuk anak buah kapal dan ini sudah kita ajukan ke atasan, kata Arif Budiman.
 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019