Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menginisiasi pencanangan dan penetapan Kampung Organisasi Masyarakat (Ormas) Mengabdi di Lapangan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Tungkal I Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjab Barat, Rabu.

Ormas yang terlibat pada kegiatan ini diantaranya MUI, NU, Muhammadiyah, LAM jambi, IBI, PGRI, KNPI, ISNU, Rajawali Sakti, PMI, ormas Gerak, dan serikat pekerja lokal buruh serumpun.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjab Barat H Agus Sanusi dalam rilisnya meyakini ormas sebagai mitra Pemerintah mampu menjadi perekat kebangsaan dan jembatan antara kepentingan masyarakat dan negara.

Menurutnya, ormas yang berlatar belakang agama, daerah, atau nasionalis, sudah berperan besar dalam dinamika kebangsaan.

"Oleh Karena itu, ormas perlu didorong menjadi motor penggerak bangsa, baik di tingkat daerah maupun nasional," katanya.

Selanjutnya Sekda berharap, ormas berharap dapat menjadi elemen penting dalam rangka menegakkan supremasi hukum dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia berharap, ormas dapat bekerja sama dengan pemerintah, masyarakat, kelompok Etnis, maupun kelompok agama, sehingga ormas dapat berperan dalam menjaga kondusifitas kehidupan daerah dan nasional.

Sementara itu Kepala Kesbang Linmas Tanjab Barat Azis Muslim, kegiatan Kampung Ormas Mengabdi akan dilaksanakan selama tiga hari dan diisi dengan kegiatan sosialisasi ormas dengan peserta 100 orang peserta yang terdiri dari perwakilan 12 ormas di tiga desa.
 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019