Harga kebutuhan pokok di beberapa pasar tradisional di Jambi terpantau berfluktuasi pada Senin.

Sejumlah bahan pokok yang mengalami kenaikan harga di antaranya bawang dan tomat. Sementara sejumlah bahan pokok yang mengalami penurunan harga di antaranya sayur-mayur, cabai, kentang. Harga sejumlah bahan pokok lainnya masih stabil, seperti telur, susu dan tepung.

“Kalau bawang harganya naik, dari Rp28 ribu perkilogram menjadi Rp30 ribu perkilogram, tomat dari Rp5 ribu perkilogram naik menjadi Rp8 ribu perkilogram,” kata Pedagang Pasar Tradisional Angso Duo Jambi Iin.

Kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan tersebut dampak dari stok yang menipis. Menurut Iin, hal itu biasa terjadi, setidaknya dalam satu bulan terakhir sejumlah bahan pokok secara bergantian ada yang mengalami kenaikan harga dan ada yang alami penurunan harga.

Naik dan turunnya harga sejumlah bahan pokok tersebut masih dalam kategori wajar, di mana kenaikan dan penurunannya hanya berkisar Rp1.000 hingga Rp2.000.

Sementara, kentang yang sebelumnya seharga Rp12 ribu perkilogram turun menjadi Rp10 ribu perkilogram, cabai merah dari Rp24 ribu perkilogram turun menjadi 22 ribu.Dan sayur mayur seperti kacang panjang, terong, wortel dan sawi alami penurunan seribu rupiah dari harga normal.

“Baru hari ini harga cabai merah dan kentang ini turun, biasanya stabil mungkin disebabkan stok yang mulai terbatas,” kata Nainggolan pedagang di Pasar Tradisional Aur Duri Jambi.

Menurut Nainggolan, harga sejumlah bahan pokok tersebut baru akan alami kenaikan menjelang perayaan Natal. Biasanya harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan satu minggu jelang perayaan Natal. Sama pada saat menjelang perayaan hari besar Islam, seperti Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.



 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019