Bakal calon (balon) Gubernur Jambi pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 saat ini telah memulai kompetisi dalam penggalangan dukungan di  di sebelas kabupaten dan kota di daerah itu.

“Sejumlah nama kepala daerah telah mencuat akan mencalonkan diri menjadi bakal calon Gubernur Jambi, dan saat ini para bakal calon tersebut tengah menggalang kekuatan di tiap-tiap daerah” kata Pengamat Politik Jambi Mochammad Farisi di Jambi, Senin.

Denyut kopetisi untuk Pilgub Jambi telah bersaing di daerah itu. Persaingan tahun politik di provinsi itu juga dimeriahkan dengan rencana kegiatan Pilkada di sejumlah kabupaten di daerah itu yang akan digelar secara serentak dengan Pilgub.

Bakal calon didominasi para  kepala daerah yang telah menyatakan akan maju menjadi bakal calon dalam pemilihan Gubernur Jambi tahun 2020 mendatang diantaranya Bupati Sarolangun Cek Endra, Bupati Merangin Al Haris, Wali Kota Sungai Penuh Asafri Jaya Bakrie, Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

Selain itu nama lain turut mencuat meramaikan bursa pencalonan Gubernur Jambi, diantaranya Anggota DPR RI H Bakrie, dan petahanan Fachrori Umar serta Ramli Taha.

Saat ini balon Gubernur Jambi tersebut sedang gencar melakukan sosialisasi untuk menaikkan popularitas dan elektabilitas. Melakukan komunikasi dengan partai politik untuk mendapatkan dukungan partai politik  dalam pencalonan Gubernur Jambi.

Selain itu, para bakal calon saat ini tengah melakukan penjajakan pasangan wakil gubernur. Dan seluruh bakal calon kini tengah menggalang kekuatan, membentuk tim sukses dan simpatisan di sebelas kabupaten dan kota di Provinsi Jambi.

“Hal itu akan terjadi sampai dengan detik-detik pendaftaran bakal calon ke KPU Provinsi Jambi,” kata Mochammad Farisi.

Terkait pertarungan wilayah barat dan timur antara bakal calon seperti yang terjadi pada periode sebelumnya, menurut Farisi hal tersebut kecil kemungkinan akan terjadi. Namun kemungkinan yang akan mencuat dalam pemilihan Gubernur Jambi tersebut yakni isu-isu yang akan diusung oleh masing-masing calon kadidat.

Menurut Farisi, yang lebih utama yang harus dilakukan para bakal calon yakni mendeteksi permasalahan di setiap daerah yang ada di Provinsi Jambi. Melalui permasalahan tersebut, para bakal calon dapat memberikan jawaban dan solusi jika mereka terpilih menjadi Gubernur Jambi.

Sementara itu sosialisasi pada bakal calon tersebut sudah dilakukan antara lain dengan memasang poster dan baliho di titik-titik strategis di Kota Jambi, kabupaten/kota serta di jalur-jalur strategis di Provinsi itu. Masing-masing mengusung tagline atau tema program dari pencalonan mereka.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019