Serangkaian kegiatan diseminasi pelatihan pembelajaran dan manajemen sekolah Program ‘PINTAR’ Tanoto Foundation yang berlangsung di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, dan Kabupaten Batang Hari serta LPTK, mampu meningkatkan kinerja guru atau tenaga pendidik.

“Di tingkat sekolah dan madrasah terjadi perubahan pembelajaran, manajemen sekolah, dan budaya baca sebagai dampak positif penyebarluasan program ‘PINTAR’ Tanoto Foundation melalui diseminasi,” kata Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Tanjung Jabung Timur Misba di Jambi, Selasa.

Program ‘PINTAR’ Tanoto Foundation tersebut diserap dengan baik oleh daerah yang bekerja sama dengan Tanoto Foundation. Di Kabupaten Batanghari, beberapa sekolah di luar mitra Tanoto Foundation sudah melakukan diseminasi. Hal itu menunjukkan program ‘PINTAR’ tersebut mampu meningkatkan mutu pendidikan serta kreatifitas tenaga pendidik dan peserta didik.

Keberhasilan diseminasi tersebut diapresiasi oleh Government Liaison and Planning Coordinator Tanoto Foundation Fian Falopi.

“Melalui kegiatan temu mitra pemangku kebijakan, mitra antar kabupaten dapat bertukar informasi dan diminta untuk curah pendapat selama melaksanakan kegiatan diseminasi program Pintar sehingga dapat saling belajar,” kata Fian Falopi.

Dijelaskan Fian Falopi, secara nasional anggaran diseminasi program ‘PINTAR’ Tanoto Foundation sebesar Rp2 miliar. Dan di Jambi anggaran diseminasinya mencapai Rp500 juta, artinya 25 persen anggaran diseminasi tersebut disumbang dari Provinsi Jambi.

Kabid Sosial dan Pemerintahan Bappeda Kabupaten Tanjung Jabung Barat Feri Noprianto mengatakan, kedepan pihaknya akan menggandeng forum CSR dalam diseminasi program PINTAR Tanoto Foundation tersebut. Karena terbukti mampu meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh.

“Kami berharap pola pelatihan Tanoto Foundation ini ditiru oleh kawan-kawan forum CSR, sehingga diseminasi bisa lebih luas lagi,” kata Feri Noprianto.

Sementara itu, menurut Misba banyak dampak positif setelah para guru mengikuti pelatihan yang dilaksanakan Tanoto Foundation. Siswa menjadi begitu aktif terlibat dalam proses belajar dan guru-pun tampak menikmati perannya yang lebih sebagai fasilitator pembelajaran.

“Kinerja mengajar para tenaga pendidik semakin baik,” kata Misba. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019