Kepolisian daerah (Polda) Jambi serta seluruh jajarannya bersama dengan pemerintah daerah, TNI dan instansi lainnya melakukan penanaman belasan ribu pohon dalam rangka memperingati hari sejuta pohon se-dunia di Provinsi Jambi.

Acara penanaman pohon untuk tingkat Provinsi Jambi, dilakukan di lahan taman Pall Merah, Kota Jambi, Jumat yang dihadiri langsung Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS MH, Wakapolda, Brigjen Pol Dul Alim serta para Pejabat utama, Pj Sekdaprov Jambi Sudirman SH, Danrem 042 Garuda Putih Kolonel Arh Elphis Rudy serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS usai melakukan penanaman pohon itu mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati hari sejuta pohon se-dunia dan atas instruksi Presiden dan bapak Kapolri memerintahkan kepada seluruh Polda se-Indonesia berserta ajarannya hari ini serentak melakukan penanaman sejuta pohon dan untuk Jambi kita menanam belasan ribu pohon.

"Selain di Provinsi Jambi, Polda lainnya di seluruh Indonesia juga melakukan penanaman sejuta pohon di seluruh Indonesia, termasuk di Polda Jambi dan seluruh jajarannya," kata Muchlis AS.

Untuk di Provinsi Jambi, Polda dan jajaran melakukan penanaman sebanyak belasan ribu pohon di seluruh daerah dan secara simbolisnya untuk tingkat Polda Jambi bersama Pemerintah provinsi (Pemprov), TNI dan pihak terkait lainnya melakukan pekan penghijauan dan penanaman pohon di Taman Rimba Pall Merah, Jambi.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS MH mengatakan, dirinya yang putra daerah dan mengetahui persis Jambi bahwa dahulunya Sungai Batanghari yang dulunya airnya jernih dan bersih dan sekarang airnya sudah keruh akibat rusaknya alam terutama hutan dan pohon yang hilang.

"Tugas kita bersama untuk menjaga dan melestarikan sungai dan pohon terutama alam agar tetap lestari, sehingga bisa dinikmati oleh generasi anak bangsa dimasa depannya," kata Muchlis AS.

Kapolda juga berharap aksi penanaman pohon ini tidak hanya dilakukan oleh kepolisian dan pemerintah daerah saja, melainkan bisa diikuti oleh pihak swasta dan lainnya untuk bersama-sama melakukan gerakan menanam pohon di wilayahnya masing-masing sehingga Jambi dan Indonesia bisa lestari alamnya.

Sementara itu, Pj Sekdaprov Jambi, Sudirman SH mewakili Gubernur Fachrori Umar dalam penanaman sejuta pohon di seluruh Indonesia acara di Jambi tersebut mengatakan Pemerintah Provinsi Jambi memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada Polri khususnya Kepolisian daerah Jambi yang telah menginisiasi melakukan penanaman pohon ini.

Hal ini dilakukan sebagai upaya kita semua dalam memberikan warisan lingkungan yang bersih, asri dan tidak rusak serta sehat kepada anak cucu kita dimasa yang akan datang dan mudah mudah apa yang dilakukan Polda Jambi dan seluruh jajarannya sampai ke daerah bisa memberikan manfaat bagi kelestarian lingkungan di masa mendatang, kata Sudirman.
Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS MH bersama Sekdaprov Jambi, Sudirman SH saat diwawancari media dalam rangka penanaman belasan ribu pohon di Provinsi Jambi yang diinisiasi oleh kepolisian.(ANTARA/Nanang Maiiriadi). (FOTO ANTARA/Nanang Mairiadi)


 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020