Pemerintah Kota Jambi melakukan seleksi atlet delapan cabang olahraga untuk menghadapi ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) 2020, Jum’at.

Meski POPDA tersebut baru akan digelar sekitar November 2020 mendatang, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jambi melakukan seleksi atlet sejak dini yang dimulai dari tanggal 6 Januari hingga 26 Januari 2020 .

Terdapat delapan cabang olahraga yang atletnya kini diseleksi oleh Dispora Kota Jambi. Diantaranya cabor sepak bola, bola basket, bola voli, sepak takraw, bulutangkis, tenis meja, tenis lapangan, dan pencak silat.

Kedelapan cabang olahraga  tersebut kemudian akan ditentukan tempat pertandingan masing-masing dengan technical meeting yang telah disepakati.

Kadispora Kota Jambi, Moncar menegaskan, perlunya seleksi atlet sedini mungkin. Menurutnya, dengan rentang waktu panjang dalam seleksi, maka kemampuan atlet yang terseleksi akan semakin matang.

"Kita sendiri belum tahu persis waktunya POPDA, bisa maju atau mundur. Namun, dengan semakin cepat kita melakukan seleksi, tentu hasilnya akan semakin baik,” kata Moncar.

Di antara kedelapan cabang olahraga  tersebut adalah sepakbola melakukan seleksi di Stadion Persijam Kota Jambi. Ratusan atlet mengikuti seleksi tersebut. Atlet-atlet yang terjaring ini nantinya akan dibina kembali untuk dapat mengikuti POPDA ke depannya.

Menurut Moncar, ajang POPDA tersebut merupakan sarana bagi pemerintah untuk melakukan pembinaan terhadap atiet-atlet bersatatus pelajar.

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya pekan olahraga pelajar tersebut untuk memelihara dan melestarikan semangat keolahragaan yang berisikan kejujuran, kesetaraan dan sportifitas di kalangan atlet di satuan pendidikan dasar serta untuk mencari dan mengembangkan atlet-atlet di kalangan siswa siswa di satuan pendidikan dasar untuk dimotivasi, dibina dan agar dapat berprestasi lebih baik di kancah yang lebih tinggi.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020