Pemerintah Kota Jambi saat ini tengah mensinkronkan Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (E-Planing) dan Sistem Penganggaran (E-Budgeting) agar dapat terhubung dan terintegrasi dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) di Kemendagri.

“Pentingnya e-planning yang dijalankan di daerah diintegrasikan ke SIPD untuk memastikan alur penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Kabid Perencanaan Pengendalian Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda Kota Jambi Zaki di Jambi, Selasa.

Saat ini Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Jambi, tengah mensinkronkan E-Planning dan E-Budgeting ke SIPD. Hal tersebut dilakukan agar terwujud one data atau satu data. Tujuan penyediaan satu data tersebut untuk perencanaan pembangunan daerah yang dikelola melalui SIPD.

Akan tetapi, diakui Zaki baru-baru ini program SIPD masih dalam keadaan pemeliharaan, sehingga Pemerintah Kota Jambi saat ini masih menunggu.

Selain itu, integrasi e-planing tersebut juga bertujuan untuk sinkronisasi antara perencanaan di pemerintah pusat dan daerah serta antar dokumen perencanaan pembangunan daerah. Kemendagri juga menginginkan partisipasi publik dalam penyusunan dokumen rencana pembangunan daerah.

“SIPD adalah alat kontrol yang diharapkan dapat mengurangi adanya potensi penyimpangan selama proses penyusunan dokumen rencana pembangunan daerah dilakukan,” kata Zaki.

Selain merupakan amanat undang-undang, SIPD juga memberikan manfaat kemudahan bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan roda pemerintahan di daerah. Terutama untuk akses data, menjalankan fungsi perencanaan, fungsi penganggaran, pengawasan, evaluasi serta pelaporan.

Dijelaskan Zaki, Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah melalui pemenuhan standar data, meta data, interoperabilitas data, dan menggunakan kode referensi dan data induk.*

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020