Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang menyediakankan layanan antarjemput gratis bagi para peserta tes seleksi kemampuan dasar (SKD) CPNS tahun 2019 yang dipusatkan di GOR Samapta, Kompleks Gelora Sanden Kota Magelang.

Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono di Magelang, Sabtu, menyebutkan layanan antarjemput tersebut disediakan secara cuma-cuma di tiga titik lokasi penjemputan, yakni di Terminal Bus Tidar, pertigaan Safari dan pertigaan Tuguran, Kelurahan Potrobangsan.

Ia menyampaikan hal tersebut usai meninjau tes SKD CPNS 2019 di GOR Samapta, Kompleks Gelora Sanden Kota Magelang.

Menurut dia pemberian layanan tersebut untuk mempermudah para peserta tes seleksi, terutama yang berasal dari luar kota dan belum mengetahui lokasi tes tersebut.

Selain itu, pihaknya juga memberikan layanan parkir gratis bagi kendaraan bermotor milik peserta tes yang diparkir di halaman belakang GOR Samapta.

"Semua fasilitas tersebut diberikan agar para peserta dapat mengikuti tes seleksi secara nyaman dan merupakan sebuah kepercayaan bagi Kota Magelang yang telah dua kali menjadi tuan rumah untuk tes seleksi CPNS dari empat daerah di eks-Karesidenan Kedu," jelasnya.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kota Magelang, Aris Wicaksono menerangkan untuk pelaksanaan tes tersebut pihaknya telah mengatur jadwalnya, yakni pada hari pertama 1 hingga 3 Februari 2020 bagi pelamar CPNS yang berasal dari Kota Magelang, kemudian 3 dan 4 Februari 2020 yang melamar melalui Kabupaten Temanggung.

Kemudian pelamar dari Pemkab Magelang akan melaksanakan tes pada 4 hingga 12 Februari 2020 dan yang berasal dari wilayah Kabupaten Purworejo akan melaksanakan tes pada tanggal 12 sampai 18 Februari 2020.

Guna kelancaran pelaksanaan tes tersebut, pihaknya menyediakan 270 buah laptop, yakni digunakan untuk tes sebanyak 250 buah dan sisanya untuk cadangan.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan generator set (genset) sebagai catu daya pembangkit listrik dan server. Guna menjamin kenyamanan bagi para peserta di dalam GOR Samapta juga dilengkapi alat pendingin udara.

Ia menyampaikan untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan seperti gangguan teknis server pada saat pelaksanaan tes, pihaknya bersama Badan Kepegawaian Nasional (BKN) telah melakukan ujicoba peralatan laptop dan server dua hari sebelum pelaksanaan tes.

Ia menjelaskan pada pelaksanaan seleksi kompetensi dasar tersebut setiap hari terbagi dalam lima sesi. Setiap sesi berlangsung selama 90 menit tersebut akan diikuti oleh 250 peserta.

Aris menyebutkan jumlah peserta tes seleksi kemampuan dasar diikuti 20.706 orang yang terdiri atas Kota Magelang 3.433 peserta, Kabupaten Magelang 10.144 peserta, Kabupaten Purworejo 6.225 peserta, dan Kabupaten Temanggung 904 peserta.

Pewarta: Heru Suyitno

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020