Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Sudirman tengah menyiapkan pameran yang akan menampilkan potensi unggulan yang ada di Provinsi Jambi pada penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) 2020 di Hotel Pacific Batam, Kepulauan Riau, 19-20 Maret mendatang.

Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia itu merupakan himpunan dari 34 Sekda Provinsi dan 514 Sekda kab/kota, kata Pj Sekda Provinsi Jambi pada rapat persiapan bersama Sekda dan dinas terkait se-Provinsi Jambi di ruang utama Setda Provinsi Jambi, Senin.

Menurutnya Forsesdasi ini menjadi peluang untuk mempromosikan produk unggulan dari berbagai sektor yaitu perdagangan, pariwisata, pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, pertanian dan pertambangan.

Sudirman mengatakan Forsesdasi 2020 akan dihadiri Sekda beserta istri dari seluruh Indonesia, pertemuan itu juga akan mengundang gubernur/walikota/bupati seluruh Indonesia dan dibuka langsung oleh Mendagri. 

Agenda tambahan yang akan dilaksanakan adalah pameran produk unggulan yang dapat dijadikan peluang untuk mempromosikan produk unggulan dari berbagai sektor. 

"Tadi kita sampaikan bahwa provinsi akan mengambil satu stand dan saya harap kabupaten/kota bisa menambah stand, karena kalau pameran satu stand saja tidak akan cukup, karena sangat luar biasa produk unggulan kita, apalagi ini skalanya nasional," kata Sudirman.

Ia menegaskan, Forsesdasi sangat penting karena akan mempromosikan produk dari Jambi. "Produk yang akan ditampilkan bisa saja dari lingkup pertanian dan UMKM dan lainnya.

"Dinas Perindag juga telah menyambut baik dan mempersiapkannya, kita bisa menampilkan batik dan songket yang khas dari setiap kabupaten/kota, kita juga akan menampilkan Tekuluk dan bagaimana menggunakannya. Kita juga berharap akan ada tampilan dari tim kesenian untuk bisa memberikan warna, karena pada hari kedua atau ketiga akan ada penampilan seni dari masing- masing daerah," katanya.

"Kita juga berharap pada forum tersebut yang juga akan diadakan pemilihan pengurus Forsedasi, Provinsi Jambi dapat menjadi pengurus inti, karena jika kita menjadi pengurus inti kita bisa mengambil bagian mengambil kebijakan-kebijakan di provinsi maupun kabupaten/kota," katanya menambahkan.***
 

 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020