Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di Kabupaten Batanghari, Jambi, tidak di ikuti calon yang melalui jalur perseorangan.

“Sejak dibuka pada tanggal 19 hingga 23 Februari 2020 pukul 24.00 WIB, tidak ada bakal pasangan calon independen yang mendaftar," kata Ketua KPU Batanghari A Kadir, di Batanghari, Selasa.

Adapun syarat calon independen untuk maju Pilkada Batanghari diketahui harus menyerahkan syarat dukungan paling rendah sebanyak 19.263 dukungan. Dan sekurang-kurangnya tersebar di 5 kecamatan di Kabupaten Batanghari dengan bukti foto copy e-KTP yang bertandatangan tidak ada masa perpanjangan terhadap tahapan penyerahan berkas calon dukungan perseorangan.

Dengan tidak adanya bakal calon bupati dan calon wakil bupati dari jalur perseorangan, maka Pilkada Batanghari 2020 tinggal menunggu pendaftaran pasangan calon yang diusung partai politik. Dimana pendaftaran pasangan calon yang diusung partai politik dibuka pada tanggal 16 hingga 18 Juni 2020 mendatang.

“Untuk Kabupaten Batanghari, bakal calon yang akan maju melalui jalur partai politik minimal diusung partai politik dengan jumlah kursi minimal 7 kursi,” kata A Kadir.

Tidak hanya Kabupaten Batanghari yang nihil bakal calon perseorangan yang maju melalui jalur perseorangan. Namun beberapa kabupaten dan kota lain yang akan menyelenggarakan pilkada serentak tahun 2020 ini juga nihil bakal calon yang maju melalui jalur perseorangan.

Di Provinsi Jambi yang akan menyelenggarakan pilkada serentak tahun 2020 yakni, Kabupaten Batanghari, Bungo, Tanjab Barat, Kabupaten Tanjab Timur, Kota Sungai Penuh dan Pilkada Gubernur Jambi.

Dari lima kabupaten dan kota serta Pilkada Gubernur Jambi, hanya pilkada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang terdapat bakal calon kepala daerah yang maju melalui jalur perseorangan. Yakni Romi Haryanto dan wakilnya Robby Nahliyansyah, selaku petahana Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Timur itu memilih maju dalam pilkada serentak tahun 2020 ini melalui jalur perseorangan.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020