Bupati Muarojambi Masnah Busyro mengharapkan perpustakaan yang ada di daerah itu bisa berperan dalam transfer pengetahuan sekaligus membentuk budaya literasi.

"Transformasi ilmu pengetahuan perlu didukung dengan gerakan literasi yang memadai. Salah satunya ada peran perpustakaan di sana," kata Bupati Masnah di Jambi, Minggu.

Bupati menyebutkan, tanpa kemampuan literasi yang memadai, masyarakat akan mudah terjerumus kepada informasi yang palsu dan menyesatkan.

Kemampuan literasi kata dia, bukan lagi sebatas baca tulis tapi sudah dapat memaknai dan memahami segala informasi maupun ilmu pengetahuan yang diperoleh dan mengkreasi berbagai produk dan jasa.

"Mengupayakan gerakan literasi ini, dari Pemerintah saja tidak cukup, tapi harus dan butuh dukungan semua pihak," katanya.

Secara khusus Bupati Muaro Jambi didampingi Sekretaris Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Muarojambi Medison, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian di Jakarta , 25-27 Februari 2020.

Bupati perempuan pertama di Provinsi Jambi itu menyatakan sangat mendukung rencana baik dan program yang dilaksanakan Perpusnas. Rakornas Perpustakaan ini merupakan acara besar, salah satunya untuk mengupayakan gerakan literasi.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) menggelar Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan dengan tema "Inovasi dan Kreativitas Pustakawan dalam Penguatan Budaya Literasi Untuk Mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju".

Kegiatan itu diharapkan mampu menjadi momentum dalam mendukung gerakan literasi di berbagai sektor.

Sejalan dengan hal itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan dukungannya untuk menggerakkan literasi, utamanya dalam kaitannya dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, inovatif, dan memiliki kreativitas bagi terwujudnya masyarakat berpengetahuan dan berkarakter.
 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020