Forum Rektor Perguruan tinggi negeri di Indonesia melakukan audiensi bersama Wakil Presiden KH, Ma’ruf Amin untuk menguatkan karakter bangsa dengan mencegah tindakan radikalisme di perguruan tinggi.

“Wakil Presiden mengapresiasi pertemuan Forum Rektor ini sebagai  mitra strategis program pemerintahan Presiden Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin, khususnya program yang menjadi tanggung  jawab Wakil Presiden” kata Rektor Universitas Jambi Prof. Sutrisno melalui rilis yang disampaikan pada Rabu, (4/3) di Jambi.

Ada tiga program strategis yang diharapkan dapat menjadi peran Rektor dalam kerangka Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk Indonesia Maju. Diantaranya, pengembangan karakter dan pendidikan bela negara anti radikalisme, pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan UMK dan penurunan angka stanting.

Forum rektor perguruan tinggi negeri yang baru dibentuk tersebut bertujuan merangkul perguruan tinggi lainnya untuk dapat bersama-sama menguatkan karakter bangsa. Forum tersebut untuk mendukung program pemerintah. Khususnya menjadi mitra strategis bagi Wakil Presiden. Serta komitmen rektor untuk penguatan karakter bangsa dan pencegahan radikalisme di perguruan tinggi.

“Salah satu bentuk dukungannya adalah dukungan terhadap program Wapres khususnya terkait penanggulangan kemiskinan dan pengembangan desa binaan, kemudian percepatan revisi Perpres No. 65 Tahun 2007 tentang Tunjangan Dosen, ” kata Prof. Sutrisno.

Dijelaskan Sutrisno, saat ini gambaran radikalisme di perguruan tinggi menjadi ancaman serius di kehidupan masyarakat. Radikalisme mengancam kenyamanan beragama, dan mengancam disintegrasi bangsa.

Perguruan tinggi juga menjadi sasaran penyebar paham radikalisme dalam mengadakan perekrutan dan regenerasi radikalisme. Perguruan Tinggi perlu mengadakan langkah strategis dalam pembentengan karakter dan antisipasi penyebaran radikalisme di kampus.

“Wakil Presiden menyambut baik pelaksanaan kampus merdeka dan merdeka belajar yang saat ini menjadi program unggulan Kemendikbud,” kata Prof. Sutrsino.

Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin berharap para rektor dapat bekerja keras dan bekerja maksimal untuk mewujudkan pembangunan SDM Unggul untuk Indonesia maju.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020