Bupati Batanghari Ir. H. Syahirsah mengimbau wajib pajak di Kabupaten Batanghari, Jambi untuk dapat menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) melalui aplikasi e-Filing.

“Pelaporan SPT melalui sistem e-Filling sangat mudah, karena aplikasi ini dirancang untuk menghemat waktu dan biaya wajib pajak,” kata Bupati Batanghari Syahirsah di Batanghari, Jum’at.

Dijelaskannya, pelaporan SPT melalui e-Filling mempermudah wajib pajak karena wajib pajak tidak perlu lagi mendatangi kantor pajak. Melalui aplikasi tersebut wajib pajak bisa melaporkan SPT melalui ponsel pintar atau menggunakan komputer dan laptop yang terhubung dengan internet.

SPT merupakan surat yang oleh wajib pajak digunakan untuk melaporkan penghitungan dan atau pembayaran pajak, objek pajak dan atau bukan objek pajak dan atau harta dan kewajiban, menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Selain itu, Syahirsah turut mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Batanghari untuk dapat menaati peraturan perpajakan yang berlaku. Karena ASN hendaknya dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat.

“Selaku bupati yang juga wajib pajak, tentu saja memiliki kewajiban untuk membayar pajak dan melaporkan SPT tahunan tepat waktu, sebagaimana di ketahui, untuk memudahkan pengisian SPT tahunan ini, pemerintah telah menerapkan sistem e-Filling, sistem menyampaikan SPT secara online," kata Syahirsah menjelaskan.

Wajib pajak di himbau untuk mentaati peraturan perpajakan karena pajak merupakan sumber utama penerimaan Negara. Berbagai pembiayaan baik pembangunan infrastruktur, pendidikan dan layanan kesehatan, tentu merupakan manfaat yang dapat dirasakan melalui pajak tersebut.

Sementara itu, berkat dukungan dan partisipasi dalam mendukung penyampaian SPT melalui e-Filling, Syahirsah menerima penghargaan dalam bentuk tanda mata dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak. Penyerahan tanda mata tersebut diberikan oleh Pelaksana Tugas KP2KP Muara Bulian, Indra Siswanto di ruang kerja Bupati Batanghari.

“Dengan pelaporan SPT lebih awal, lebih aman dan nyaman, pajak kuat, Indonesia Maju,” kata Syahirsah.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020