Komunitas Umat Budha bernama Oma-oma Ceria merayakan hari kelahiran Dewi Kwam Im Bodhisattva dengan cara melakukan bakti sosial membagikan paket sembako di sejumlah vihara di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Memperingati hari kelahiran kebesaran Dewi Kwan Im yang penuh welas asih, merupakan representasi sifat welas asih secara nyata dengan cara membantu orang lain yang membutuhkan," ujar Ketua Panitia, Lie Sioe Ing kepada Antara di Bogor, Senin.

Ratusan paket sembako tersebut dibagikan pada Umat Budha di sekitar Vihara Kwan Im Bio Tulang Kuning di Kecamatan Parung, dan Vihara Karuna Bodhi di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor.

Selanjutnya pembagian terakhir akan dilakukan di Vihara Dhanagun di Suryakancana Kota Bogor pada Rabu (18/3).

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan sebagai langkah menerapkan sifat dari Dewi Kwan Im, yaitu welas kasih. Hal itu karena mulai tahun ini, setiap 15 Maret kelahiran Dewi Kwam Im, menjadi Hari Welas Kasih.

"Hingga pada waktu mendatang umat akan terus mengingat dan dapat menerapkan hal-hal baik terutama berbagi kebaikan terhadap banyak orang. Welas kasih tanpa batas. Bisa terus dilakukan terhadap semua umat tanpa kecuali. Dimulai dengan pembagian sembako," terangnya.

Perempuan yang akrab disapa Ci Inge itu menyebutkan, komunitas Oma-oma Ceria yang berasal dari Vihara Dhanagun itu ke depan akan konsisten mengimplementasikan rasa welas asih.

"Harapannya kegiatan baksos Oma Ceria peduli dapat lebih aktif dengan kuantitas serta kualitas yang lebih dari sekarang. Serta menjadi salah satu kegiatan rutin Oma Ceria Peduli," kata Ci Inge.

Sementara, salah satu Umat Budha yang menerima paket sembako, Encang mengaku senang dan terkesan. Karena, selain mendapatkan paket sembako ia juga bisa berkenalan dengan Umat Budha dari Vihara Dhanagun.

"Senang bisa berkenalan. Terbantu, dapat sembako," ucap Encang.
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020