Sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Jambi mewajibkan pengunjung untuk melakukan cuci tangan dengan sabun dengan air mengalir sebelum masuk untuk berbelanja.

Berdasarkan pantauan ANTARA, Kamis (19/3) pemberlakuan cuci tangan sebelum masuk untuk berbelanja itu berlangsung di  Jambi Town Square (Jamtos)   dan WTC, Petugas keamanan yang mengenakan pakaian seragam lengkap dengan bermasker mempersilahkan pengunjung untuk untuk mencuci tangan menggunakan sabun di tempat yang telah di sediakan.

Selanjutnya dilakukan pengukuran suhu tubuh untuk sebagai bagian dari protap untuk pencegahan COVID-19.

Upaya untuk melakukan sterilisasi menegak virus itu juga dilakukan di pusat perbelanjaan dan toserba lainnya, Kendati tidak mewajibkan cuci tangan dengan air, tapi dilakukan dengan  menggunakan antiseptik atau handsanitizer.

Pusat perbelanjaan, swalayan dan fasilitas umum di Provinsi Jambi saat ini sudah menerapkan protap penanganan dan deteksi dini  penularan virus Corona (COVID-19).

“Upaya pencegahan penularan COVID-19 ini dilaksanakan berdasarkan instruksi dari pemerintah, dan kita mendukung hal tersebut,” kata Manajer Jambi Town Square Dion.

Berdasarkan pantauan, pintu masuk menuju pusat perbelanjaan, mall, swalayan, fasilitas umum dan layanan publik di Jambi dilengkapi dengan peralatan pencegahan dini penyebaran COVID-19.

Di Hypermart LIPPO Plaza Jambi, seluruh karyawannya menggunakan sarung tangan lateks saat bekerja. Hal tersebut merupakan upaya pencegahan penularan COVID-19 terhadap karyawan. Hal itu diberlakukan karena karyawan tersebut berinteraksi langsung dengan pengunjung.

Tidak hanya pusat perbelanjaan, mall dan swalayan, kantor layanan publik juga menerapkan hal serupa. Bank Negara Indonesia (BNI) telah menerapkan hal tersebut sejak seminggu yang lalu.

“Semua upaya yang dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Indonesia, khususnya di Jambi,” kata Kepala BNI Cabang Jambi Amri Hidayat Arief.

Tidak hanya nasabah, BNI Cabang Jambi juga memberlakukan hal yang sama kepada seluruh karyawan BNI Cabang Jambi.

Begitu pula di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Jambi. Seluruh calon peserta maupun peserta BPJS Kesehatan dicek suhu tubuh dan diberikan antiseptik atau handsanitizer.

Bila terdapat pengunjung di swalayan, nasabah bank maupun peserta BPJS yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius, maka mereka akan di lakukan pemeriksaan lebih lanjut di fasilitas kesehatan terdekat.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020